Mohon tunggu...
Bayu Christian
Bayu Christian Mohon Tunggu...

Lead Vocal and Guitarist at Bunker 225, Creative Concept.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Musik Rock dan Perjalanannya

11 Mei 2019   02:25 Diperbarui: 11 Mei 2019   02:53 0 4 1 Mohon Tunggu...

Musik rock atau dalam bahasa indonesia musik rok adalah salah satu genre musik yang populer di era tahun 50an di Amerika Serikat. Musik blues adalah akar dari genre musik ini. Kumpulan pemusik yang memainkan musik rock disebut rock band/rock grup. Biasanya rock band ini beranggotakan 4 orang/quartet dan bisa juga lebih.

Ditahun 1950an, musik rock sangat populer di Amerika Serikat (Disana disebut Rock and Roll). Elvis Presley dan Chuck Berry, musisi yang populer yang membawa genre tersebut. Musik rock sendiri adalah penggabungan musik Rhythm & Blues yang merupakan produk budaya orang Afrika-Amerika dan musik country yang merupakan produk budaya orang amerika kulit putih. Istilah 'Rock and Roll" banyak diartikan dalam melakukan aksi. Musisi Blues seperti Robert Johnson, Willie Dixon banyak menginspirasi band-band dari Inggris seperti Cream, The Yardbirds dan Led Zeppelin.

Ditahun 1960an, musik rock berkembang dan makin banyak peminat nya dan makin banyak pula musisi/grup musik yang membwakan genre ini. Di Inggris, grup musik The Rolling Stones, The Beatles, Cream dan The Yardbirds saat itu sangat populer dan fenomena ini sempat disebut "British Invasion" atau "Invasi Britania" karena kepopuleran mereka sampai ke Amerika Serikat (Negara yang pertama mempopulerkan musik rock) dan seluruh dunia. The Yardbirds dan The Rolling Stones terinspirasi dari musisi blues amerika dan awal era musik blues rock.

Di era 60an ini, mulai banyak subgenre dari musik rock seperti Folk Rock (Musik Rakyat) yang dipopulerkan oleh Bob Dylan, Jazz Rock Fusion, Pop Rock yang dipopulerkan The Everly Brothers, Garage Rock (bentuk amatir dari musik rock yang biasanya maen musik di garasi) lagu populer nya era 60an Surfin Bird oleh Trashmen, Psychedelic Rock atau disebut acid rock (Mengambil inspirasi dari efek LSD) The Grateful Dead, Jefferson Airplane, Jimi Hendrix, Pink Floyd adalah musisi dan grup musik yang membawakan genre ini. Pagelaran musik Woodstock 1969 menjadi era keemasan Psychedelic Rock.

Masuk ke era 70an psychedelic rock mulai ditinggalkan dan kembali ke "roots rock" dan memunculkan musik progressive rock dan southern rock (Blues rock dari selatan Amerika Serikat). The Allman Brothers dan Lynyrd Skynyrd adalah grup musik yang paling populer membawakan musik southern rock. Di Inggris era awal 70an, Led Zeppelin dan Deep Purple membawakan musik blues dengan suara riff gitar yang keras dan berat.

Band-band Inggris saat itu mulai mengimprovisasi musik blues dan rock and roll lebih keras lagi. Led Zeppelin, Deep Purple dan Black Sabbath di era 70an menjadi band Inggris papan atas yang sukses membawakan genre rock. Led Zeppelin, Deep Purple dan Black Sabbath disebut pencetus musik Heavy Metal pertama di dunia. Di era 70an menjadi kesuksesan untuk band-band yang membawakan musik progressive seperti Pink Floyd, Genesis, Yes dan King Crimson.

Di Amerika sendiri, Lynyrd Skynyrd, The Eagles, dan The Allman Brothers menjadi band yang sukses membawakan southern rock dan juga KISS band heavy metal pertama di Amerika. Di era 70an juga musik Punk Rock mulai dikenal dengan Sex Pistol dari Inggris dan Ramones dari Amerika Serikat. Musik Hard Rock dan juga Glam Rock mulai dikenal diera 70an meskipun lebih populer nya diera 80an seperti Van Halen dan David Bowie.

Di era 80an, musik rock mulai berkembang dan lebih keras muncullah "The New Wave Of British Heavy Metal" yang pencetus pertama nya Iron Maiden dan Motorhead berkat kesuksesan album The Number of The Beast milik Iron Maiden dan Ace of Spades milik Motorhead yang dirilis awal 80an (ada bahasan selanjutnya di artikel selanjutnya).

Di Amerika saat itu populer dengan musik glam rock/glam metal yang identik dengan dandanan personel nya dengan make up saat itu populer di Amerika Serikat seperti Twisted Sister, Quiet Riot, W.A.S.P, Motley Crue, Poison, Bon Jovi (Awal), Guns N' Roses (Awal), Skid Row, Dokken dan juga RATT. Di era 80an sendiri menjadi kesuksesan musik hard rock/heavy metal tetapi musik blues seperti musisi Stevie Ray Vaughan juga populer di Amerika di era 80an.

Masuk diera 90an, musik grunge/alternative rock saat itu dikenal dan dipopulerkan oleh Kurt Cobain dengan band nya, Nirvana. Musik grunge saat itu sukses menenggelamkan musik glam/hard rock karena pendengar musik saat itu ingin ada sesuatu yang baru. Pearl Jam, Soundgarden dan Alice in Chains menjadi band grunge/alternative rock yang saat itu terkenal juga dengan Nirvana.

Memasuki era pertengahan 90an sampe 2000an dan juga sampai sekarang musik britpop, rap rock, nu metal, post hardcore, emo, post punk, electronic rock menjadi penerus "Rock" saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x