Mohon tunggu...
Bayu Saputra
Bayu Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bayu

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Dampak dari Jalanan Rusak

22 Januari 2022   20:46 Diperbarui: 22 Januari 2022   20:49 133 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dampak Dari Jalanan Rusak

Seringkali, kita masih menjumpai rusaknya prasarana jalan di sekitar kita terutama di jalanan yang sering dilewati kendraan besar, dan jalan yang berada didesa atau kampung.  hal ini biasanya diperparah lagi pada musim penghujan. pada berbagai tingkat kerusakannya, kerusakan jalan terkadang menyebabkan kubangan-kubangan, kondisi tersebut tentunya juga akan mengganggu kenyamanan dan  membahayakan pengguna jalan yang melewati jalan tersebut Banyaknya jalan yang rusak di Tanah Air saat musim penghujan tiba menjadi pekerjaan rumah yang tidak ada hentinya bagi pemerintah. Kondisi jalan yang rusak sering menyebabkan kecelakaan, bahkan mengakibatkan jatuh korban dan kerugian harta benda akibat terperosok atau terserempet atau ditabrak kendaraan lain saat menghindari jalan rusak tersebut.

Bagi pemerintah baik pusat maupun daerah perlu alarm peringatan bahwa ada sanksi apabila membiarkan jalan rusak. Sesuai Pasal 24 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, penyelenggara wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Secara teknis, kerusakan jalan menunjukkan suatu  kondisi dimana struktural dan fungsional jalan sudah tidak mampu memberikan pelayanan optimal terhadap yang melintasi jalan tersebut. kondisi dan jenis kendaraan yang akan melintasi suatu jalan sangat berpengaruh pada desain perencanaan konstruksi dan perkerasan jalan yang dibuat sama dengan bangunan gedung, dimana konstruksinya direncanakan berdasarkan dengan beban-beban yang nantinya bekerja sesuai pada fungsi bangunan gedung itu sendiri.

Konstruksi jalan harus direncanakan mampu menahan beban di atasnya tanpa mengalami kegagalan umumnya kerusakan jalan banyak disebabkan oleh kesalahan perencanaan dan pelakasanaan, serta pemeliharaan jalan yang tidak memadai.

Jalan merupakan kebutuhan manusia yang sangatlah penting  untuk kita sebagai manusia yang melakukan aktivitas, jalan adalah akses menuju tempat yang dituju. jalan merupakan fasilitas transportasi yang paling penting bagi masyarakat karena sangat berpengaruh pada kegiatan dan aktivitas sehari-hari.

Hal ini dilandasi dan  dipertegas oleh undang-undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan, bahwa jalan sebagai bagian sistem transportasi yang mempunyai peranan penting, serta lingkungan dan dikembangkan melalui pendekatan pengembangan wilayah agar tercapai keseimbangan dan pemerataan pembangunan

Jalan yang mengalami kerusakan akibat usia yang sudah cukup lama dan ditambah dengan kondisi alam yang disebabkan oleh hujan yang menyebabkan kondisi strukur jalan menjadi rapuh, bila tidak segera diatasi akan memperparah kerusakan jalan. kondisi jalan sering kali dilewati oleh kendaraan seperti truk yang melintas yang seharusnya tidak boleh lewat karena truk melewati jalan ini dapat memperparah kerusakan dan membuat jalan menjadi berdebu ketika cuaca panas .

Kondisi jalan yang sudah rusak sejak lama ini ingin segera diperbaiki dan diperhatikan oleh dinas terkait untuk memperbaiki jalan  ini. ketika melihat jalan di tempat lain sudah diperbaiki dan jalannya sangat bagus. kondisi terparah terjadi ketika hujan turun dengan deras, jalan akan berubah menjadi kubangan air yang sangat besar yang dapat membahayakan pengguna jalan baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan roda dua yang melewati jalan tersebut.

Sudah dari sekian lama ingin diadakannya perbaikan jalan namun sampai saat ini belum ada pihak dari pekerjaan umum yang datang untuk memperbaiki jalan perumahan ini. para warga pun sudah tidak tahan dengan kondisi jalan yang sudah rusak sejak lama ini.

Menurut saya ingin yang terbaik dan ingin lancar dalam perjalanan. Peran pemerintah dalam mengatasi masalah ini sangatlah penting dan pemerintah harus cepat-cepat bertindak untuk memperbaiki dan menjaga. setelah pemerintah melakukan tindakan kita sebagai masyarakat harus bisa mendukung dan jangan sampai merusak. semoga kedepannya jalan ini bisa cepat diperbaiki untuk kenyamanan warga perumahan dan warga sekitar yang melintas dijalan perumahan ini.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan