Mohon tunggu...
Bayu IlhamGhifary
Bayu IlhamGhifary Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Bagaimana Caranya?

2 Agustus 2021   01:15 Diperbarui: 2 Agustus 2021   01:17 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Produktif di Masa Pandemi, Bagaimana Caranya?
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Tangerang. Sudah hampir 2 tahun, semenjak datangnya sebuah wabah penyakit pandemik di awal tahun 2020 yang menghebohkan masyarakat China pada saat itu. Wabah tersebut diberi nama coronavirus atau saat ini viral dengan nama Covid-19. 

Tak banyak yang menyangka wabah ini akan menyerang satu dunia secara serempak dan sampai menimbulkan banyak korban yang harus kehilangan nyawa karena bertarung dengan penyakit ini, termasuk di Indonesia. 

Di Indonesia, di awal mula datangnya virus ini masyarakat terlalu panic sehingga banyak sekali peristiwa-peristiwa yang muncul, mulai dari panic buying yang menyebabkan kelangkaan terhadap suatu barang hingga banyaknya sekolah, kantor di from home kan. 

Tapi tau kah kalian, dibalik setiap kejadian pasti terdapat hikmah yang bisa kita petik? Sebagai contoh: kita punya banyak waktu dengan keluarga yang mungkin sebelum adanya pandemi ini, kita terlalu berfokus pada pekerjaan kita, urusan kita, sehingga waktu bersama keluarga hanya sedikit. Contoh lain: kita bisa lebih memikirkan kesehatan kita dengan berolahraga. 

Lantas, banyak sekali pertanyaan yang muncul, apa kita bisa meningkatkan tingkat produktifitas kita selama masa pandemi ini yang serba dibatasi? Oh tentu bisa. Terutama untuk para pelajar, mahasiswa, dan sebagainya, sangat bisa sekali kita meningkatkan kapabilitas kita selama masa pandemi ini loh!! Penasaran???

Berikut beberapa tips untuk tetap produktif di masa pandemi:

1. Pada saat sepertiga malam. Bagi pemeluk Islam, sepertiga malam merupakan waktu terbaik untuk bermesraan dengan Allah SWT dengan melakukan solat tahajud dan dzikir. 

2. Waktu Subuh. Biasanya bagi non Islam, waktu ini digunakan untuk mandi dan beres-beres tempat tidur. 

3. Pukul 05.00-05.30 pagi, gunakanlah untuk sarapan pagi.

4. Lakukan sedikit olahraga untuk merefleksikan badan dan juga sebagai bentuk pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit yang saat ini sedang mewabah.

5. Lakukan kegiatan/aktivitas utama, bagi yang bekerja WFH bisa langsung mempersiapkan 'alat tempur'. Bagi pelajar dan mahasiswa, gunakanlah untuk mengecek google classroom atau whatsapp group apakah kelas siap dimulai atau belum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x