Mohon tunggu...
Bayu Fitri
Bayu Fitri Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Seorang pengamat hiruk pikuk media sosial dalam hal gaya hidup, finance, traveling, kuliner dan fashion. Tulisan saya bisa dibaca di blog https://bayufitri.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Apa Itu Jurnal Mimpi dan Hubungannya dengan Kesejahteraan Pribadi

4 Juni 2024   19:10 Diperbarui: 4 Juni 2024   19:15 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jurnal mimpi, sumber : freepik.com

Mimpi merupakan  fenomena yang kerap dianggap sebagai bunga tidur. Dalam hal ini mimpi ternyata menyimpan potensi luar biasa yang bisa meningkatkan kesejahteraan pribadi. 

Mimpi yang membekas di ingatan, entah menyenangkan atau menggelisahkan, dapat menjadi jendela menuju alam bawah sadar, menyingkap emosi terpendam, dan memberikan petunjuk berharga.

Mimpi berkesan, biasanya akan meninggalkan jejak kuat dalam ingatan kita. Mimpi berkesan sering memiliki muatan emosional yang intens. Sebagai contoh mimpi meraih kesuksesan.

Misalnya bertemu orang terkasih, atau berada di tempat yang indah dapat memicu perasaan senang, optimis, dan termotivasi. Mimpi ini biasa disebut mimpi positif dan menjadi pengingat akan kekuatan dan potensi yang kita miliki.

Namun tidak semua mimpi mempunyai kesan positif.  Adapula mimpi dengan kesan negatif, seperti mimpi dikejar, gagal dalam ujian, atau kehilangan sesuatu yang berharga dapat memunculkan rasa cemas, takut, atau sedih. 

Semua jenis mimpi ini bisa menjadi alarm untuk mengenali dan mengatasi emosi terpendam serta mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi.

Apa itu Jurnal Mimpi?

Jurnal mimpi adalah sebuah catatan yang berisi tentang mimpi yang Anda alami. Catatan ini dapat berupa tulisan, gambar, sketsa, atau bahkan rekaman suara.

Langkah Membuat Jurnal Mimpi

Dengan membuat jurnal mimpi, kita dapat memanfaatkan mimpi berkesan untuk meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Mencatat Mimpi
Siapkan buku catatan atau aplikasi khusus jurnal mimpi di ponsel Anda dan letakkan di dekat tempat tidur. Segera setelah bangun tidur, luangkan waktu untuk mengingat detail mimpi, termasuk emosi yang muncul, karakter, setting, dan alur cerita. Tuliskan semua yang Anda ingat, apa pun itu, tanpa menghakimi atau menyensornya.

2. Mengurai Makna Mimpi
Setelah mencatat mimpi, bacalah kembali dan renungkan. Hubungkan detail mimpi dengan pengalaman, emosi, dan situasi yang sedang Anda alami di kehidupan nyata. Cari pola-pola yang berulang dalam mimpi Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun