Mohon tunggu...
Bayu Fitri
Bayu Fitri Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Seorang pengamat hiruk pikuk media sosial dalam hal gaya hidup, finance, traveling, kuliner dan fashion. Tulisan saya bisa dibaca di blog https://bayufitri.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Belajar Motif Batik di Kampung Wisata Batik Cibuluh Kota Bogor

30 Oktober 2022   23:57 Diperbarui: 31 Oktober 2022   00:21 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ragam Batik di Kampung Batik Cibuluh, doc.pribadi

Kegiatan melakukan perjalanan wisata setelah pandemi menunjukkan angka kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini didukung berbagai program kebijakan pemerintah yang mendukung ekonomi kreatif dalam industri pariwisata.

Ketertarikan wisatawan berkunjung ke tempat wisata yang utama tentu mencari sesuatu yang unik. Sesuatu ini kalau bisa  berbeda dari tempat lain sehingga memberi kesan mendalam. Bahkan kelak wisatawan bisa ikut mempromosikan tempat wisata tersebut pada orang lain.

Kampung Wisata Vs Desa Wisata

Jargon desa wisata adalah istilah yang terus digaungkan pelaku wisata dengan tujuan untuk menarik wisatawan supaya datang berkunjung. Namun yang menarik ada juga istilah kampung wisata.

Sebagian orang tidak mau ambil pusing dengan adanya dua istilah tersebut. Apakah destinasi tersebut berupa desa wisata atau kampung wisata. Buat sebagian besar orang  yang penting ketika berkunjung ke suatu tempat  ada sesuatu yang unik untuk dilihat dan dinikmati.

Sejatinya dua istilah tersebut berbeda jika mengacu pada domisili. Sebutan "Kampung Wisata" berlaku apabila tempat tersebut ada di daerah perkotaan. Sedangkan "Desa Wisata" berlaku apabila tempat tersebut ada di sebuah kabupaten.

Wisata Kota Bogor

Kota Bogor terkenal sebagai kota hujan. Kota yang merupakan tetangga Jakarta ini mempunyai luas 118 km2. Destinasi wisata yang paling terkenal tentu saja Kebun Raya Bogor. Istimewanya lagi di dalam Kebun Raya Bogor terdapat istana kepresidenan.

Saat ini Kota Bogor sudah padat penduduk. Banyak pemukiman penduduk yang berbentuk perkampungan. Menariknya geliat ekonomi kreatif terlihat dari ragam kegiatan penduduk kampung. Hal ini pertanda baik karena itu artinya penduduk kampung bisa berdaya dan berkegiatan produktif.

Sejarah Batik

Jika mendengar kata Batik, sebagian besar orang akan membayangkan suatu kain yang diberi motif dengan cara tertentu dan berwarna gelap.

Batik awalnya terkenal sebagai kain bermotif dari daerah Jawa. Dahulu busana dengan motif batik tertentu hanya digunakan untuk pembesar atau keluarga kerajaan.

Batik Modis

Seiring perkembangan zaman batik mulai digunakan untuk acara istimewa seperti acara nikahan, seragam institusi, seragam sekolah sampai daster atau baju rumahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun