Mohon tunggu...
Bayu Fitri
Bayu Fitri Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Seorang pengamat hiruk pikuk media sosial dalam hal gaya hidup, finance, traveling, kuliner dan fashion. Tulisan saya bisa dibaca di blog https://bayufitri.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

MICE di Indonesia Aja: Danau Toba Keajaiban Semesta untuk Dunia

22 September 2021   13:38 Diperbarui: 22 September 2021   13:39 357 16 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
MICE di Indonesia Aja: Danau Toba Keajaiban Semesta untuk Dunia
Bukit Holbung Danau Toba sumber doc. Pribadi

Danau Toba salah satu keajaiban semesta yang keberadaanya sangat mempesona. Bagaimana tidak dua keajaiban alam terjadi setelah letusan supervolcano. Terdapat pulau diatas pulau dan danau diatas danau. Pulau Samosir terletak diatas Danau Toba dan di atas Pulau Sumatera. Sedangkan empat danau terletak di atas danau Toba. Keempat danau tersebut yaitu; Danau Sidihoni, Danau Silengge, Danau Sipalionggang dan Danau Aek Natonang.

Danau Toba Keajaiban Semesta

Danau Toba terbentuk akibat adanya letusan Gunung Toba 75.000 tahun lampau. Letusan supervolcano membentuk kawah raksasa yang terisi air dan menjadi danau. Luas Danau Toba 1.130 km2, kedalaman 450 m dan dikelilingi 7 kabupaten yaitu; Toba, Simalungun, Humbang Hasundutan, Karo, Dairi, Samosir dan Tapanuli.

Danau Toba berada 900 meter di atas permukaan laut. Hal ini menjadikan udara seputar Danau Toba menjadi sejuk dan segar. Keindahan pepohonan hijau, bukit Holbung, beberapa air terjun, kebun kopi dan deretan pegunungan menambah asri pemandangan Danau Toba.

MICE di Indonesia Aja

Meeting, Incentive travel, Convention and Exhibition atau disingkat MICE adalah kegiatan konvensi, perjalanan incentive dan pameran industri pariwisata. Tujuan dari MICE sendiri untuk meningkatkan pendapatan daerah dan devisa negara serta ikut andil menciptakan lapangan kerja. Selanjutnya kegiatan  MICE  akan memberikan dampak ekonomi bagi jasa akomodasi, transportasi serta pelaku pariwisata lainnya.

Danau Toba Menjadi Lokasi MICE

Pada tahun 2017 telah diselenggrakan MICE pada ajang Lake Toba Forum dalam rangka Summit Pariwisata berbasis Geopark. Ajang pertemuan bersakala internasional ini seperti merengkuh dayung dua tiga pulau terlampui. Artinya kedatangan para delegasi dari berbagai negara selain menghadiri pertemuan dapat sekaligus menikmati keindahan dan berwisata ke Danau Toba. Para delegasi ini secara tidak langsung menjadi corong informasi ketika pulang kembali ke negaranya. Harapannya para delegasi dapat bercerita pada kolega dan handai taulan tentang keindahan alam, atraksi budaya, seni dan kuliner Danau Toba.

Pesona Bukit Holbung Samosir Danau Toba sumber doc. pribadi
Pesona Bukit Holbung Samosir Danau Toba sumber doc. pribadi

Danau Toba dan Lima Destinasi Super Prioritas

Danau Toba masuk dalam salah satu dari lima destinasi super prioritas. Danau Toba menjadi tujuan destinasi wisata "Bali Baru". Program "Bali Baru" bertujuan meyakinkan masyarakat luas baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara bahwa banyak destinasi menarik di Indonesia selain Bali.

Seperti kita ketahui umumnya wisatawan mancanegara dan penduduk luar negeri lebih mengenal destinasi wisata Bali dibandingkan destinasi wisata daerah lain di Indonesia. Bahkan Bali lebih familiar dari Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah pengembangan daya tarik wisata selain Bali diantaranya Danau Toba.

Strategi MICE untuk Danau Toba di Era Pandemi 

Situasi pandemi yang belum usai membuat banyak kegiatan menjadi terhambat. Tak terkecuali kegiatan industri pariwisata yang mengalami "mati suri". Namun seiring berjalannya waktu keadaan semakin kondusif. Secara berkesinambungan berbagai persiapan menata destinasi wisata mulai dilakukan supaya kegiatan industri pariwisata dapat dibuka dan mulai berjalan lagi.

Pelaku industri pariwisata harus segera mendapat pertolongan dan jalan keluar supaya dapat berdaya secara ekonomi. Jika hanya mengharapkan kunjungan wisatawan dari luar negeri sepertinya membutuhkan waktu panjang. Jalan terbaik dan tercepat dengan memberi akses pada wisatawan dalam negeri untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata Indonesia melalui berbagai cara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan