Mohon tunggu...
Bayu Bondan
Bayu Bondan Mohon Tunggu... ASN yang belajar jadi penulis

Burung merpati burung kenari | Rehat sejenak di dahan meranti | Biarkan saja pena menari | Dan lihat saja hasilnya nanti

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Kisah Kolak Pisang

14 Mei 2019   10:36 Diperbarui: 14 Mei 2019   10:39 27 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Kolak Pisang
Sumber: ramadan.rakyatku.com

Kalau sampai waktu Maghribku
Ku mau tak seorang pun mengganggu
Tidak  juga kau!
Tak perlu kau sentuh kolak pisang itu

Aku ini sedang puasa Ramadhan
Dari fajar hingga petang menjelang
Biarpun takjil hanya kolak pisang
Aku tetap bersyukur bukan kepalang

Kolak pisang kubawa berlari
Hingga kutemukan para pencari takjil ini
Dan aku tak mau peduli
Aku mau kolak pisang satu mangkok lagi

(Inspirasi dari Puisi "Aku" karya Chairil Anwar)

 

Katanya ada pepatah "Tak kenal maka ta'aruf". Perkenalkan akulah Si Kolak Pisang yang numpang nampang di puisi barusan. Aku merupakan salah satu makanan pembatal puasa yang dulu jadi primadona, namun sekarang mulai ketinggalan zaman. Aku kalah saingan dengan es buah dan gorengan.

Apakah aku harus mengubah namaku jadi "Green Banana Soup" agar pamorku yang meredup kembali terang dan harga jual menjadi lebih mahal? Seperti halnya dua makanan teman baikku yang sudah go international, nasi uduk dan gado-gado. Nasi uduk mengubah namanya menjadi "rice cooked in coconut milk" sedangkan gado-gado mengubah namanya menjadi "vegetables salad with peanut sauce" (englishcafe.co.id).

Sumber:youtube.com
Sumber:youtube.com

Namun, aku bersyukur masih ada keluarga yang mau menjadikanku sebagai teman mereka, salah satunya keluarga di rumah Fatih. Ayah Fatih yang memang gemar kolak pisang sejak kecil seringkali meminta Bunda Fatih untuk membuatkan kolak pisang sebagai menu buka puasa. Apalagi Fatih nggak usah ditanya, secara ia merupakan copy paste ayahnya.

Bahkan, entah mengapa dari arah dapur sudah tercium wangi pada Ahad siang ini. Padahal waktu Zuhur saja masih satu jam lagi. Tumben jam segini aku sudah matang, biasanya sore baru kelar, pikirku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x