Mohon tunggu...
Bayu Ardi
Bayu Ardi Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN Metro

Mencoba Menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Fotografi "Human Interest"

3 Juni 2020   14:03 Diperbarui: 3 Juni 2020   14:05 30 2 0 Mohon Tunggu...

Fotografi human interest (HI) adalah potret dari kehidupan seseorang yang menggambarkan suasana/mood dan menimbulkan simpati dari orang yang melihatnya.

Foto human interest sering digunakan oleh setiap fotografer untuk menonjolkan kehidupan masyarakat di setiap daerah dan bukan hanya terbatas pada kalangan tertentu tapi semuanya (baik kalangan dengan ekonomi yang rendah sampai kalangan orang terhormat).

Namun sayangnya, di negara kita sendiri, foto human interest banyak menonjolkan foto kehidupan rakyat kalangan bawah yang bekerja keras untuk menghidupi dirinya sendiri maupun keluarga.

Entah foto tersebut, karena ingin memperlihatkan bahwa di negara kita masih banyak orang yang berada dibawah garis kemiskinan atau untuk memperlihatkan ketidak-pedulian orang-orang yang terhormat pada orang-orang yang berada dibawah garis kemiskinan ini.

Foto human interest, terkadang bisa menjadi kiritikan maupun senjata yang ampuh buat para pemerintah kita. Karena dengan foto tersebut, bisa dijadikan potret sehari-hari rakyat kecil di negara kita yang tidak pernah terlihat oleh mata para pemerintah kita tapi bisa terlihat di mata kamera kita dan bisa membuat orang lain yang melihatnya merasa bersimpati dan peduli.

Awalnya, human interest photography lebih termasuk kedalam bagian dari fotojurnalisme, yaitu menggambarkan kehidupan dan interaksi manusia dengan lingkungannya, dan lalu bertujuan supaya mengetuk hati orang-orang untuk bersimpati dan melakukan sesuatu untuk membantu subjek foto.

Di dalam fotojurnalisme, human interest termasuk dalam bagian feature. Bagian ini biasanya sisipan dan bukan untuk berita utama. Kategori human interest lebih banyak tentang kehidupan individu atau masyarakat biasa yang jarang diulas.

Human Interest cukup luas cakupannya tapi sering dicampur-adukkan adukkan dengan kategori lain seperti Portrait photography, culture photography (budaya), street photography, travel photography, conceptual photography, dll.

Tips Fotografi Human Interest

Untuk mendapatkan foto human interest dengan sempurna, maka kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

1.Momen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN