Mohon tunggu...
Bayu Akmal Prasetyo
Bayu Akmal Prasetyo Mohon Tunggu... Bayu Akmal

Just Do It

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Kisah Benteng Van Der Wijck

13 April 2021   14:55 Diperbarui: 13 April 2021   15:17 118 3 0 Mohon Tunggu...

Kabupaten Kebumen  dikenal dengan wisata pantai serta wisata alamnya yang cukup menarik untuk dikunjungi, Selain itu Kabupaten Kebumen juga memiliki salah satu benteng yang cukup ikonik serta bersejarah peninggalan belanda, yaitu banteng Van Der Wijck.

(Reporter : Bayu Akmal P)

Wisata Benteng Van Der Wijck didirikan pada tahun 1818 oleh Jenderal Van den Bosh. Dulunya, ini hanya berfungsi sebagai kantor VOC, sebuah kongsi perdagangan milik Belanda. Kemudian Benteng Van Der Wijck berubah fungsinya sebagai benteng pertahanan ketika Belanda berperang melawan masyarakat Yogyakarta, Benteng Van Der Wijck terletak di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen dan terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota kebumen dan bisa ditempuh kurang lebih 25-30 menit dari pusat kota kebumen serta bisa diakses menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Menurut Cerita sejarah dari berbagai kalangan, Benteng Van der Wijck dibangun pada awal abad 19 atau sekitar 1818 seiring meluasnya pemberontakan Pangeran Diponegoro di beberapa daerah. Pembangunan benteng ini adalah sebagai tempat pertahanan sekaligus perencanaan penyerangan di eks-Karisidenan Kedu Selatan.

Tapi dalam versi yang lain, Benteng Van der Wijck dibangun pada tahun 1844. Sebelum dibangun menjadi benteng, gedung ini awalnya hanya sebuah  kantor Kongsi Dagang VOC (Vereenigde Ootindische Compagnie). Lantaran kekuatan pasukan Pangeran Diponegoro yang berpusat di Bagelen Selatan (sekarang kota Kebumen) cukup besar, Belanda mendatangkan tentaranya ke Gombong. 

Mereka kemudian ditempatkan di kantor Kongsi Dagang VOC, Karena dijadikan pertahanan militer dalam menghadapi perlawanan Pangeran Diponegoro di wilayah Bagelen Selatan, pada 1844 akhirnya Belanda mulai membangun sebuah benteng di kantor Kongsi Dagang VOC tersebut. Empat tahun kemudian benteng ini baru selesai dibangun.

Jika dibandingkan dengan peninggalan Belanda lainnya, Benteng Van der Wijck mempunyai keunikan tersendiri. Bangunannya dua lantai dan berbentuk segi delapan berwarna merah bata. Ketinggian gedung 10 meter. Tebal dindingnya mencapai 1,4 meter dan tebal lantai 1,1 meter. Total luasnya bangunannya sekitar 7.170 meter persegi.

Bangunan Benteng ini dibangun oleh pihak militer Belanda dengan mempekerjakan kurang lebih 1400 orang yang berasal dari Banyumas dan Bagelen. Pada tahun 1856, Benteng Cochius difungsikan menjadi sekolah militer (Pupillenschool) atau sekolah taruna untuk orang-orang Eropa. Benteng berganti nama menjadi Benteng Van Der Wijck sebagai hadiah atas jasanya di bidang kemiliteran Belanda.

Di masa kependudukan Jepang, Benteng Van Der Wijck masih difungsikan sebagai tempat pelatihan tentara. Fungsi ini masih bertahan hingga Indonesia merdeka. Benteng digunakan sebagai barak ABRI hingga tahun 1980. Setelah itu benteng diubah fungsinya menjadi tempat tinggal anggota TNI Angkatan Darat hingga tahun 2000.

Bangunan peninggalan Belanda ini dikelola oleh pihak swasta PT Indo Power Makmur Sejahtera, untuk dijadikan objek wisata sejarah. Di dalamnya dibangun beberapa sarana permainan anak-anak. seperti perahu angsa, kincir putar, kolam renang dan berbagai macam permainan serta wahana anak-anak lainnya, Tidak ketinggalan juga sebuah patung dinosaurus raksasa ikut dibangun untuk meramaikan suasana dan lebih mengakrabkan dengan dunia anak-anak. Bahkan sebuah stasiun kereta api mini dibangun di bagian atas benteng tepat di atas gerbang utama, memungkinkan pengunjung untuk mengitari sisi atas benteng dengan menggunakan kereta mini.

Tiket masuk menuju Benteng Van Der Wijck cukup terjangkau, pengunjung cukup merogoh kocek sekitar 25 ribu pada hari -- hari biasa & 30 ribu pada akhir pekan, dengan membeli tiket tersebut pengunjung sudah bisa menikmati berbagai wahana serta bisa berfoto -- foto dan juga menikmati pemandangan serta suasana yang ada di area wisata Benteng Van Der Wijck sepuasnya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN