Mohon tunggu...
Bayu Akbar Pratama
Bayu Akbar Pratama Mohon Tunggu... Merealisasikan pikiran dengan menulis

''Menebarkan kebaikan dengan melampiaskan hobi untuk memberikan manfaat kepada orang lain''

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Setiap Masalah Pasti Ada Solusinya

21 Juni 2020   10:57 Diperbarui: 21 Juni 2020   11:06 158 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setiap Masalah Pasti Ada Solusinya
Ilustrasi seseorang yang sedang pusing karena dilanda masalah (Sumber: Tribunnesws.com)

Setiap manusia tentunya mempunyai masalah, baik itu masalah kecil maupun masalah besar, semua tergantung kepada waktu dan kondisi disaat kita menghadapinya.

Masalah timbul disebabkan oleh kelalaian serta ketidaksengajaan yang kita lakukan, semisalnya datang terlambat ke sekolah, memecahkan pot bunga, dimarahi bos di kantor, dan masih banyak contoh yang lainnya. Semua kelalaian dan ketidaksengajaan tersebut akan memunculkan sebuah masalah.

Namun, ada satu masalah yang sudah lazim di tengah kita, yaitu masalah ketika datangnya deadline. Teman-teman tentunya sudah mencicipi yang namanya deadline ini. 

Deadline menjadi momok yang menakutkan, karena ketika seseorang mendekati bahkan terkena deadline akan mendapatkan masalah yang besar. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut tentang deadline dan akibat yang ditimbulkan, teman-teman bisa membaca artikelnya disini.

Saya akan bercerita tentang pengalaman saya ketika mendapatkan masalah. Suatu hari, saya melakukan project dengan mengedit sebuah video, saya mengedit video tersebut berhari-hari hingga akhirnya video itu selesai di edit. Perasaan senang sekaligus lega meliputi semuanya, karena mengedit membutuhkan waktu, tenaga, serta pikiran untuk membuatnya.

Kemudian sampailah ke tahap dimana video tersebut di eksport, disinilah detik-detik datangnya masalah. Video yang saya edit berhari-hari menjadi error sehingga tidak bisa di eksport. Seketika hati terasa hampa, melihat video yang di buat tidak bisa di eksport. Perasaan senang yang telah didapatkan seketika hilang.

Tetapi apakah saya menyerah? Tentu saja tidak. Karena saya percaya, setiap ada masalah pasti ada solusinya. Kita diajarkan banyak sekali pepatah yang menyangkut tentang kehidupan kita, seperti "banyak jalan menuju roma", "tak ada rotan akar pun jadi", dan masih banyak pepatah yang dapat dijadikan solusi untuk menyelesaikan masalah di dalam kehidupan kita.

Sesuai judul di atas, setiap masalah pasti ada solusinya. Untuk itu, saya akan memberikan cara menyelesaikan masalah dengan solusi. Simak terus ya teman-teman!

1. Ceritakan Masalahmu dengan Orang Terdekat

Ilustrasi seseorang bercerita dengan teman-temannya seputar masalahnya (Sumber: hrexcellency.com)
Ilustrasi seseorang bercerita dengan teman-temannya seputar masalahnya (Sumber: hrexcellency.com)

Poin pertama merupakan poin yang terpenting ketika teman-teman mendapatkan masalah. Benar sekali, teman-teman bertahap memberanikan diri berbicara dengan orang terdekat, baik itu ayah, ibu, kakak, adik, sahabat, pasangan, dan lain-lain. Masalah tentunya tidak bisa kita selesaikan sendiri, terkecuali teman-teman sudah pandai menanganinya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN