Mohon tunggu...
Bayu Adhi
Bayu Adhi Mohon Tunggu... Relawan - Anak muda yang ingin berkreasi serta menuangkan pikiran dan ide melalui tulisan sederhana.

Bayu Adhi Dharmawan atau dikenal sapaan akrab yaitu Bayu. Saya mahasiswa yang masih aktif di Tiongkok di Changzhou Institute Of Mechatronic Technology.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cerita Kuliah di Negeri Tirai Bambu

27 September 2020   21:04 Diperbarui: 27 September 2020   21:13 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1.0 Changzhou Institute Of Mechatronic Technology

Merantau

Saya tidak punya keterampilan khusus yg menonjol, hanya suka membaca buku atau sekedar nonton video via handphone. Tetapi dari saya kecil, yang saya tahu saya punya cita-cita untuk kuliah di luar negeri, karena saya tertarik sekali dengan bahasa asing meskipun pada akhirnya bahasa asing yang saya kuasai pun hanya 1-2 macam saja.

Singkat cerita, tahun 2019 saya mendapat beasiswa Jiangsu Government Scholarship dengan kerja keras dan berkat doa ibu. 

Beasiswa tersebut saya peroleh untuk belajar bahasa mandarin serta jurusan Mechanical Engineering di Changzhou Institute Of Mechatronic Technology Changzhou, propinsi Jiangsu, China. Saya belajar (sebenarnya sih, main sambil belajar karena waktu sekolahnya hanya 4-6 jam sehari Senin-Jumat) selama aktif perkuliahan.

Sejak awal datang ke Tiongkok saya hanya belajar bahasa mandarin hanya melalui youtube. Dan sesampai di Tiongkok saya dan mahasiswa luar negeri lainnya di wajibkan untuk mengikuti kelas belajar bahasa mandarin secara basic selama 1 tahun pembelajaran. 

Sangat bersyukur dan senang karena bisa diberikan waktu untuk belajar bahasa mandarin secara dasar terlebih dahuliu. Supaya ketika bertemu dengan mahasiswa China bisa mengajak dan masuk kedalam pembicaraan, karena sudah paham dengan bahasa mandarin.

Kehidupan Di Changzhou

Saya tinggal di asrama universitas di Mingxin Road, Wujin District, Changzhou. Changzhou merupakan sebuah kota cukup besar yang terletak di propinsi Jiangsu. 

Di sini termasuk area kecil, tidak ada kemacetan, kalau macet pasti ada kejadian besar sekali. Di Changzhou pun cukup banyak tersebar mall besar, KFC, Mcd, Starbucks dan market mewah lainnya. 

Gambar 2.0 Map Changzhou sumber: china-tour.cn
Gambar 2.0 Map Changzhou sumber: china-tour.cn
Kalau dilihat dari map yang ada diatas, kota Changzhou cukup berdekatan dengan Shanghai, Nanjing, Yangzhou, Hangzhou, Wuxi, Suzhou dan yang lainnya. Untuk berkunjung ke ibu kota Tiongkok yaitu Beijing terbilang cukup jauh jaraknya. 

Jika menggunakan kereta cepat pun dari Changzhou ke Beijing, membutuhkan waktu sekitar 11-12 Jam untuk sampai di Beijing. Untuk pergi ke Beijing dari Changzhou saya lebih memilih menggunakan akomodasi pesawat untuk mengefisiensi waktu dan mengurangi rasa lelah saat travelling. Yang paling saya sukai di Changzhou: suasananya tenang, santai, tidak macet. 

Kemana-mana dekat, dan jalanannya lebar, trotoar bagi pejalan kaki sangatlah lebar, dan tidak dipenuhi oleh pedagang kaki lima (kecuali pada saat-saat dekat musim tahun baru China).

Jalan- Jalan Di Changzhou

Untuk rekomendasi tempat makan, sejujurnya cukup susah, karena saya tidak cocok dengan makanan di sini. Either terlalu berminyak (yes, very very greasy!). Karena mereka makan minyak mentah. Maksudnya makan minyak mentah adalah isian sup dimakan dengan dicocolkan ke minyak mentah yang dicampur kecap asin. Cah sayur pun harus dengan minyak yang banyak. 

Setiap makan harus ada kuah. Tapi anehnya orang China selalu mencibir dengan berkata orang Indonesia makan terlalu banyak makanan berminyak, padahal mereka sendiri konsumsi minyak berlebih. Makanan yang saya suka di sini hampir tidak ada, makanya menderita dan rindu makanan Indonesia *masalah klasik di perantauan*. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun