Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Freelancer - Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Adakah Inisiatif Artis Akuisisi Garuda Ketimbang Klub Sepak Bola?

26 Juni 2021   08:57 Diperbarui: 26 Juni 2021   09:05 131 23 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adakah Inisiatif Artis Akuisisi Garuda Ketimbang Klub Sepak Bola?
Armada Garuda Indonesia, Adakah Inisiatif Artis Akuisisi Garuda Ketimbang Klub Sepak Bola? (Foto dari garuda-indonesia.com)

Beberapa minggu kemarin, cukup tren tentang klub bola artis. Bagaimana tidak? Ada sebagian artis yang mengakuisisi klub sepak bola pada suatu daerah dalam pertandingan liga Indonesia. Hal ini bukanlah sebuah kesalahan. Akan tetapi, adakah benefit yang seorang artis dapatkan bilamana dia mengakuisisi klub bola?

Tulisan ini lahir dari keprihatinan kantong Garuda Indonesia, sebuah maskapai penerbangan milik negara yang jebol dan butuh tambalan sana-sini.

Nasib garuda telah lama bergulir, jauh sebelum ada tren artis akuisisi klub bola. Langkah yang sedang diambil oleh manajemen garuda saat ini adalah restrukturisasi utang. Sebuah upaya yang diyakini berhasil menyelamatkan Garuda Indonesia.

Andai saja, artis tanah air akuisisi Garuda Indonesia mungkin rencana restrukturisasi utang tidak akan diambil sebagai opsi penyelematan. Tapi, ya bagaimana lagi, ada kepentingan yang jauh lebih dipentingkan oleh para artis bersama manajemennya.

Bilamana artis di Indonesia bersatu, membangun sebuah wadah (kesepakatan) untuk mengakuisisi Garuda Indonesia. Entah dengan patungan beberapa digit nominal uang, guna menyelamatkan kehidupan Garuda Indonesia yang sangat kritis. Mungkin, langkah pensiun dini dari seluruh karyawan Garuda Indonesia, hingga restrukturisasi utang tidak akan pernah terjadi.

Namun, apabila benar-benar terjadi hal demikian. Manajemen Garuda Indonesia harus melakukan usaha yang kiranya membuat Garuda Indonesia tetap hidup hingga kelak nanti. Misalnya dengan langkah yang saat ini sedang diambil, penghapusan rute internasional atau rute domestik yang tidak menghasilkan keuntungan bahkan mengefisienkan armada pesawat Garuda Indonesia.

Raffi Ahmad, Adakah Inisiatif Artis Akuisisi Garuda Ketimbang Klub Sepak Bola? (Foto dari bola.kompas.com)
Raffi Ahmad, Adakah Inisiatif Artis Akuisisi Garuda Ketimbang Klub Sepak Bola? (Foto dari bola.kompas.com)
Akan tetapi, para artis, sebut saja Raffi Ahmad, lebih memilih mengakuisisi klub sepak bola. Langkah ini tidak menjadi masalah. Tapi, sangat disayangkan. Andai saja, Raffi Ahmad menjadi pelopor usaha akuisisi Garuda Indonesia dengan menyatukan para artis untuk urun rembug, urun biaya. Niscaya, Garuda Indonesia tidak akan pernah mengambil langkah yang telah diambilnya selama ini.

Melihat prospek gemilang dari bisnis akuisisi Garuda Indonesia, sekaligus sebuah usaha penyelamatan aset negara, bukan tidak mungkin para artis akan mendapatkan benefit atau keuntungan yang jauh lebih besar kelak nanti. 

Tapi, apalah daya, ini semua hanya pengandaian, tidaklah nyata, dan hanyalah sebuah angan yang membumbung terlalu tinggi.

Jadi, adakah artis tanah air yang bakal mengakusisi Garuda Indonesia dan menjadi pahlawan yang dikenang sepanjang sejarah?

Bayu Samudra

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN