Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Cara Menyimpan Buku agar Terbebas dari Kutu

17 Juni 2021   10:13 Diperbarui: 17 Juni 2021   15:36 626 52 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menyimpan Buku agar Terbebas dari Kutu
Tumpukan buku, cara menyimpan buku agar terbebas dari kutu buku (foto dari edukasi.kompas.com)

Apakah kamu menyimpan banyak buku atau tumpukan kertas di rumah bahkan di kantor? Bagaimana cara kamu menyimpan buku atau kertas tersebut? Sudah tepatkah cara yang kamu pakai untuk melindungi dari kerusakan, seperti perubahan warna kertas dalam buku dan serangan kutu buku?

Salah satu usaha merawat buku, entah buku kesayangan atau buku yang jarang digunakan adalah menyimpannya. 

Perkara menyimpan buku itu gampang-gampang susah, sebab tak jarang cara yang kita gunakan untuk menyimpan buku, malah membuat buku menjadi rusak (perubahan warna kertas dalam buku, buku menjamur, hingga digerogoti kutu buku).

Sangat disayangkan, bukan? Apalagi buku favorit yang walau dibaca beribu-ribu kali membuat diri kita merasakan sensasi yang menyenangkan dan menenangkan.

Bagi kamu yang masih berstatus pelajar, tentu buku-buku yang kamu miliki cukup banyak. Terlebih di awal tahun ajaran baru, bakal ada puluhan buku yang mesti disimpan karena sudah jarang digunakan. 

Begitupun kamu bahkan kita sekalian yang punya banyak buku, baik itu buku zaman kuliah yang kudu dimuseumkan bahkan surat-surat cinta yang kita layangkan ke beberapa gadis idaman meski balasannya berisi penolakan, itu semua patut disimpan secara baik dan benar.

Ini adalah saran saya mengenai cara menyimpan buku agar terbebas dari kutu buku dan terhindar dari kerusakan buku akibat warna kertas yang menguning bahkan ditumbuhi jamur.

Pertama, memilah buku yang sudah jarang digunakan untuk disimpan rapat-rapat
Ceritanya kan punya ratusan buku nih, walaupun saya gak punya buku sebanyak itu ya, jadi dipilih dan dipilah mana yang harus disimpan karena jarang dipakai. 

Hal tersebut diperlukan agar kita tepat sasaran dalam menyimpan buku. Jangan biarkan kita menyimpan buku yang sering dipakai karena dapat membuat kita kerepotan untuk bongkar pasang.

Kedua, membersihkan buku yang akan disimpan
Setelah ketemu buku apa yang akan disimpan, selanjutnya memberikan buku tersebut. Misal ada pembatas buku sebagai kartu baca pada buku atau terdapat lipatan kertas dalam buku, bahkan perilaku kita yang sering menyelipkan secarik kertas ke dalam buku untuk segera dikeluarkan dan dibenahi. 

Hal tersebut dikarenakan dapat membuat buku tidak rapi ketika disimpan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih akan merusak kertas yang terlipat di dalam buku menjadi mudah robek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x