Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Penikmat Semesta

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Kiat Khatam Al Quran di Bulan Ramadan Tanpa Menyita Aktivitas Harian

13 April 2021   18:20 Diperbarui: 19 April 2021   07:45 1868 34 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Khatam Al Quran di Bulan Ramadan Tanpa Menyita Aktivitas Harian
ilustrasi Al-Quran (foto dari pixabay.com/hmzasefaa)

Salah satu amalan memperbanyak pahala di bulan Ramadan adalah membaca Al-Quran. Yang menjadi pertanyaan, berapa kali kita dapat khatam membaca Al-Quran dalam satu bulan Ramadan penuh?

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan berlipat-lipat pahala, dan bulan mendekatkan diri kepada Tuhan semesta alam, Allah SWT. 

Banyak orang berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Tak lain tak bukan hanya untuk mengharap keridhaan dan karunia Allah SWT. Mulai dari bersedekah, salat malam, merenung di masjid, mengikuti acara pengajian, membaca Al-Quran, belajar kajian agama, dan hal lainnya.

Membaca Al-Quran menjadi salah satu kegiatan favorit di bulan Ramadan. Selain pahala membaca Al-Quran yang dilipatgandakan, membaca Al-Quran dapat menentramkan hati dan pikiran.

Aktivitas harian kita selama Ramadan bakal lebih berbobot. Lebih memprioritaskan kegiatan untuk mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT. Sebab, sangat beruntung bagi kita yang masih dapat merasakan nikmatnya bulan Ramadan.

Baiklah, langsung saja kita bahas bagaimana cara mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadan. Sebelum kita mulai, pastikan kita menyediakan waktu luang yang lebih panjang sedikit untuk melaksanakan tips Khatam Al-Qurann berikut.

Khatam Al-Quran tanpa menyita aktivitas harian, mana bisa? Bisa dong.

Membaca Al-Quran tidak harus mengkhatamkan sekaligus. Boleh diangsur. Tidak ada kewajiban membacaAl-Quran harus langsung khatam. Oleh karena itu, membaca Al-Qur'an dapat dijadikan amalan harian kita selama Ramadan 1442 Hijriyah. 

Oke. Kita harus menyiapkan Al-Quran dengan spesifikasi halaman sebanyak 485 (empat ratus delapan puluh lima) halaman utama. Halaman yang memuat ayat-ayat suci Al-Quran. 

Jika tidak punya spesifikasi tersebut, tak mengapa, sama saja. Ikuti rumus ini agar selaras. Sedangkan spesifikasi bentuk dan ukuran Al-Quran sangat dibebaskan. Intinya hanya halaman saja yang menjadi patokan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x