Mohon tunggu...
Bayu Samudra
Bayu Samudra Mohon Tunggu... Pemerhati Pendidikan dan Sosial Budaya

Secuil kisah dari pedesaan

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kebakaran Hutan si Pemusnah Peradaban

3 Oktober 2020   20:54 Diperbarui: 3 Oktober 2020   21:05 896 43 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebakaran Hutan si Pemusnah Peradaban
Perbukitan Nrayun Ponorogo (dokumen pribadi)

Kemarau panjang sudah memasuki kalender cuaca Indonesia. September sebagai awal mula musim hujan ternyata belum menunjukkan tanda-tanda hujan. Faktanya sebagian besar wilayah Indonesia belum diguyur hujan.

Masalah lingkungan hidup di Indonesia dari ke tahun memgalami peningkatan dan menimbulkan berbagai macam dampak terhadap kehidupan masyarakat. Salah satu contoh adalah kebakaran hutan yang beberapa lalu sempat menjadi isu global

Kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia sangat memprihatinkan sebab hutan yang hijau itu rusak dan terbakar total sehingga perlu penanganan serius oleh pemerintah Indonesia dan masyarakat sekitar. Kebakaran hutan merupakan salah satu isu lingkungan hidup yang harus diprioritaskan dalam penanganannya.

Menurut KBBI edisi V pengertian lingkungan hidup adalah (1) kesatuan ruang dengan semua benda daya keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya (2) berhubungan diluar suatu organisme yang terdiri atas organisme hidup seperti tumbuhan hewan dan manusia.

Salah satu lingkungan hidup adalah hutan. Hutan merupakan suatu kumpulan komunitas tanaman yang hidup bersama dalam satu siklus kehidupan yang terkandung banyak flora dan fauna di dalamnya. Hutan perlu dijaga kelestariannya agar turut menjaga keberlangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya. Namun, akhir-akhir ini hutan menjadi sasaran kerusakan oleh para oknum-oknum tak bertanggungjawab melalui ilegal logging bahkan pembabatan habis hutan dengan cara pembakaran.

Kebakaran hutan adalah suatu isu lingkungan hidup yang sangat ramai dibicarakan karena disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Hal ini merupakan suatu kesalahan yang dilakukan oleh manusia karena menganggap hutan merupakan sumber ekonomi, sehingga terlalu memaksimalkan pemanfaatan hutan atau mengeksploitasi secara besar-besaran tanpa memperhatikan daya dukung dan daya lenting lingkungan hidup yang menciptakan keseimbangan alam.

Dengan adanya perilaku manusia tersebut maka alam/hutan dapat menimbulkan bencana di lain waktu seperti tanah longsor dan banjir, maka ditegaskan kembali bahwa penyebab kebakaran hutan adalah ulah manusia sendiri yang terlalu berambisi dalam mengeksploitasi kekayaan alam.

Bagaimana dampak sosial kebakaran hutan terhadap masyarakat?

Dampak yang pertama adalah kita akan kehilangan berbagai jenis flora dan fauna yang berada di dalam hutan sehingga anak cucu kita nanti tidak pernah dapat melihat keragaman hayati di masa yang akan datang.

Dampak yang kedua akan menimbulkan polusi udara yang menyebabkan berbagai penyakit terhadap kehidupan masyarakat seperti ISPA, sesak nafas dan gangguan pernafasan lainnya.

Dampak yang ketiga adalah menimbulkan bencana di lain waktu seperti banjir dan tanah longsor. Bencana banjir terjadi karena hutan yang seharusnya menjadi penopang dan penyimpan air hujan dalam tanah tidak mumpuni dalam membendung datangnya air sehingga air meluap dan mengalir sangat deras terhadap aliran sungai yang menyebabkan kerusakan daerah aliran sungai dan menyebabkan banjir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x