Mohon tunggu...
Putri Pamuji
Putri Pamuji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ba'ti Putri Pamuji (Putri), Mahasiswa S2-Akuntansi Universitas Airlangga Surabaya

Putri, Lahir di Trenggalek, 12 Oktober 1988 Sedang menempuh studi Magister Akuntansi di Universitas Airlangga Surabaya; Read-Write Enthusiast; Culinary Business Fighter

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Era Vlog, Bloger Jangan Khawatir

2 September 2021   12:48 Diperbarui: 2 September 2021   14:16 144 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Era Vlog, Bloger Jangan Khawatir
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Disarikan dari Wikipedia, vlog adalah kependekan dari video-blogging yaitu aktifitas pembuatan blog dengan menggunakan medium perekaman video di atas penggunaan teks dengan memadukan gambar dan audio. Sedangkan blog adalah tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting yang dimuat pada halaman web. Simpelnya, vlog berbentuk video sedangkan blog berbentuk tulisan.

Perkembangan teknologi berpacu sangat cepat dan lebih cepat lagi dalam lima tahun belakangan. Aplikasi yang sudah ada diperbarui terus-menerus menjadi lebih canggih. Banyak aplikasi baru diciptakan untuk kemudahan digital editing. Era digital menggiring orang untuk semakin jauh dari tulisan dan lebih nyaman menikmati sajian berupa audio-video.

Namun demikian, para bloger jangan khawatir karena setidaknya kalian punya 3 alasan untuk tetap yakin eksis di blog.

1. Blog bisa menghasilkan uang

Bagi kalian yang pernah sukses meraup untung dari blogging, pasti merasa kaget dengan penurunan penghasilan dari aktifitas menulis blog. Jangan buru-buru berhenti blogging ya, guys!

Kalian hanya perlu memutar otak mengasah kreatifitas untuk bertahan dalam persaingan. Seleksi alam berlaku.

Keunikan blog, kebermanfaatan isi blog, dan mengkhususkan pada jenis blog tertentu adalah beberapa cara umum agar blog tetap menarik untuk dikunjungi oleh pembaca. Pengembangannya, kalian perlu bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimation) dan SEM (Search Engine Marketing) agar blog lebih mudah ditemukan dalam pencarian dan tentunya bisa mencetak uang.

2. Blog baik untuk mental health

Selain manfaat finansial, blogging sangat penting untuk kesehatan mental. Seperti disampaikan artikel halodoc bahwa aktifitas menulis dapat membantu melepaskan emosi, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kepedulian, dan mengurangi kecemasan. Beberapa hal tersebut adalah kebutuhan dasar psikologis manusia.

Ingat, saat ini kesehatan mental adalah hal pertama yang harus dijaga disamping kesehatan isi dompet. Banyak orang bergelimang harta tetapi berbondong-bondong menyetorkan uang ke psikolog. Susah payah uang dicari berujung digunakan untuk membayar ketenangan jiwa. Bukankah lebih baik melanjutkan aktifitas blogging dengan sedikit menggeser orientasi dari uang menjadi kesehatan?

3. Blog untuk bekal akhirat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan