*GENERASI Z Â LINTAS PERALIHAN*
( Seri HRM 1)
Oleh : Basuki Ranto*)
Generasi Z adalah merupakan generasi peralihan dari generasi milenial. Generasi ini ditandai dengan sarat tehnologi digital terkini.
Generasi ini adalah generasi yang merupakan pergeseran peralihan setelah Generasi Milenial, dan  merupakan generasi dengan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa diantaranya merupakan evolusi dari Generasi X ,Y dan Milenial serta menuju Alpha. Generasi ini disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet.
Dari perspektif lain generasi Z juga disebut sebagai generasi strawberry yang memiliki dimensi lain dari karakteristik ini. Mereka adalah segmen dari Generasi Z yang lebih cenderung memiliki ketebalan kulit yang rapuh, mirip dengan buah strawberry yang memiliki kulit tipis namun memiliki rasa yang kuat di dalamnya.
*Karakteristik Generasi Z*
Generasi Z sering disebut Gen Z (Zoomer Generation) yang secara demografis generasi ini merupakan generasi yang menggantikan generasi X, Y dan milenial yang merupakan generasi sebelumnya.
Generasi Z adalah merupakan generasi yang lahir pada kisaran tahun 1977 sampai 2021 dan generasi ini merupakan generasi yang tumbuh didunia yang serba digital dan canggih. Sehingga sebagian dari mereka telah bermain dengan gadget sejak kecil , baik yang dipinjam dari orang tuanya sampai memiliki ponsel sendiri pada usia sekitar sepuluh (10) tahun yang penuh dengan perubahan teknologi digital terkini.
Generasi Z dikenal sebagai generasi yang bergantung kepada teknologi, khususnya internet dan media sosial. Setiap harinya, Gen Z disuguhkan oleh berbagai informasi, termasuk apa yang sedang tren hari ini. Mereka bisa merasa kuper, takut dicap nggak gaul, dan cemas jika belum mencoba tren yang ada di internet.
Generasi ini  dikenal dengan generasi  yang bergantung kepada teknologi, khususnya internet dan media sosial. Dalam kesehariannya  Gen Z disuguhkan oleh berbagai informasi, termasuk apa yang sedang tren hari ini. Generasi ini khawatir dianggap merasa kuper, takut dicap nggak gaul, dan cemas jika belum mencoba tren yang ada di internet. Oleh karenanya terus mengasah perkembangan tren terbaru dalam teknologi.
Beberapa contoh ciri-ciri generazi Z biasanya memiliki driven value, menghargai keberagaman , memiliki komunkasi langsung dan transparansi. Selain itu generasi ini mengedapankan kebahagian dirinya, memunculkan keinginan keinginan individu , terbuka dan selalu ingin berkembang dalam hal teknologi dan digitalisasi.
*Tantangan Generasi Z*