Mohon tunggu...
Basril Tarigan
Basril Tarigan Mohon Tunggu... Simple writer, big dreams.

Simple writer, big dreams.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ciri-ciri Guru akan Mengalami Kelelahan

26 April 2019   20:51 Diperbarui: 26 April 2019   21:27 85 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ciri-ciri Guru akan Mengalami Kelelahan
Ilustrasi, sumber foto : zerozeronews.it

Jika anda berprofesi sebagai guru maka marwah sebagai seorang guru harus tetap dijaga walau sedang tidak bekerja di sekolah.

Memang jika dilihat sekilas pekerjaan seorang guru enak, masuk kerja pagi hari  dan bisa pulang siang hari, beban jam kerja anda terlihat sangat sedikit.

Sebetulnya tidak demikian, bekerja sebagai seorang guru termasuk kompleks. Sebelum mengajar di depan kelas, guru harus mempersiapkan bahan-bahan untuk mengajar dan setelah mengajar akan mengevaluasi hasil belajar dan dilakukan diluar jam mengajar.

Tidak jarang dalam mempersiapkan bahan ajar dan memeriksa hasil belajar dilakukan guru di rumah. Artinya, seorang guru tetap menegerjakan tugas sebagai guru di luar jam kerjanya. Nah, disini dapat dilihat bahwa jam kerja guru bukan hanya di sekolah tapi di luar sekolah juga.

Namun, untuk salary yang biasa diterima pengajar hanya sebatas jam bekerja di sekolah dan jam ekstra kerja di luar sekolah biasanya tidak dihargai. Beda halnya dengan pegawai kantoran yang lembur akan mendapat upah dari ekstra kerjanya.

Kendati demikian, guru tetap menempatkan marwah sebagai guru lebih penting dibandingkan dengan upah yang diterima.

Mengingat belakangan ini banyak orang sakit bahkan sampai kehilangan nyawa akibat terlalu lelah bekerja. maka untuk pengajar perlu memastikan kondisi anda benar-benar baik, mengingat pekerjaan yang diemban mengharuskan juga bekerja di luar jam kerja di sekolah.

Berikut adalah tanda-tanda anda mulai dekat dengan kelelahan bekerja :

1. Gelisah

Jika pikiran anda terus terpacu karena pekrjaan yang menumpuk akan mengakitabkan anda gelisah. Rasa gelisah akan menyebabkan anda susah untuk beristirahat. Hal ini dapat disertai dengan tanda tubuh mulai terasa tidak nyaman termasuk sesak napas, pusing dan mual.

2. Kehilangan Selera

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x