Mohon tunggu...
Basril Tarigan
Basril Tarigan Mohon Tunggu...

Simple writer, big dreams.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Di Puerto Riko Penggunaan Batu Bara Akan Dihentikan Tahun Depan, Di Indonesia Mungkinkah B100 Jadi Solusi?

21 April 2019   02:06 Diperbarui: 29 April 2019   12:27 0 6 0 Mohon Tunggu...
Di Puerto Riko Penggunaan Batu Bara Akan Dihentikan Tahun Depan, Di Indonesia Mungkinkah B100 Jadi Solusi?
Ilustrasi penambang batu bara, sumber foto: rmolsumsel.com

Baru-baru ini sebuah dokumenter yang berjudul "Sexy Killers" sedang diperbincangkan di jagad media sosial, termasuk kompasianer banyak mereview film tersebut. Dan sampai tulisan ini ditulis film tersebut sudah 17,5 juta kali ditonton di youtube.

Bagi yang Belum menonton filmnya akan sedikit saya ceritakan dan bagi yang sudah nonton bisa langsung baca dari kata yang dibold.

Kalau sepintas dilihat dari judulnya dokumenter tersebut sangat jauh dari isinya, yang menceritakan tentang tambang batu bara di Indonesia.

Dimana film ini menjelaskan sumber listrik Indoensia sebagian besar saat ini berasal dari pembakaran batu bara. Dan akibat dari aktivitas pertambangan batu bara terjadi kerusakan lingkungan.

Tanah para petani sekitar tambang diklaim mengalami kerusak semenjak tambang beroperasi, serta debu dari pembakaran batu bara di perusahaan pembangkit listrk terbang ke pemukiman warga, yang memungkinkan pemicu  berbagai penyakit pernafasan.

Efeknya tidak hanya di sekitar tambang saja, tetapi berimbas juga pada nelayan konvensional. Batu bara yang diperoleh dari pertambangan, didistribusikan ke perusahaan pembangkit listrik melalui jalur laut memakai tongkang.

Aktivitas dari tongkang tersebut dianggap mengganggu perolehan hasil ikan nelayan lokal disekitar perusahan pembangkit listrik dan jalur yang dilewati, bahkan jangkar dari tongkang pengangkut batu bara diklaim merusak terumbu karang.

Mungkin saya satu dari sekian banyak orang yang mulai memperhatikan hal berkaitan energi setelah menonton film dokementer tersebut. Maka menurutku tidak ada salahnya sedikit berbagi informasi dan pendapat.

The Rising (17/04/2019) melaporkan bahwa setelah Puerto Rico melewati krisis energi. Mulai tahun depan akan menghentikan pemakaian batu bara sebagai sumber energi dan diperkirakan pada tahun 2028 akan berhasil tidak memakai batu bara lagi.  Sementara hingga 2017 pemakaian energi terbaharukan di Puerto Rico ialah 2 persen [1].

Rencana yang dibuat oleh pemerintahan Puerto Rico adalah satu hal baik. Pencarian sumber energi terbaharukan diera revolusi industri masa sekarang merupakan hal yang sangat menarik. Banyak Negara yang berlomba-lomba memamerkan hasil inovasinya.

Salah satunya dari dalam negeri, yang masih hangat dalam pemberitaan adalah biodiesel untuk mesin motor atau mobil. Berdasarkan laporan liputan6.com (15/04/2019) bahan bakar 100 persen dari minyak kelapa sawit dinamai B100

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2