Mohon tunggu...
Very Barus
Very Barus Mohon Tunggu... Writer, Traveler, Photo & Vidiographer

Saya pecinta traveling, pecinta alam dan juga suka berpetualang. Jika sedang suktuk dengan hiruk pikuk ibukota, Gunung menjadi tempat pelarian saya. Selain dunai tulis menulis, dunia fotografi dan Videografi menjadi lahan mencari nafkah saya. Segala kegiatan traveling dan juga naik gunung serta kegiatan lainnya, saya tuangkan ke dalam bentuk visual di channel youtube saya. Anda bisa mengintipnya dengan meng klik link yang ada di biodata saya. Sekalian di Subscribe juga saya sangat berterimakasih. Semoga berkenan mampir dan menjadi pembaca setiap lapak saya juga di channel youtube saya. Terimakasih...

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kuliner Bangkok, Salt Grilled Fish yang Bikin Kangen

28 Februari 2020   15:12 Diperbarui: 28 Februari 2020   15:09 38 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliner Bangkok, Salt Grilled Fish yang Bikin Kangen
Foto:very barus

Thailand merupakan salah satu negara di Asia yang paling saya sukai. Bagi saya, Bangkok itu merupakan destinasi yang super komplit. Karen, apa yang kita mau semua ada disana. Mulai dari wisata belanja, budaya, religi, candi, pantai, sungai, satwa, gunung hingga kuliner. semua komplit. no wonder kenapa saya sangat suka sekali ke Bangkok. Jika dihitung-hitung, mungkin ada 10 kali saya berwisata kesana, namun tidak pernah ada kata bosan. 

Oke, disini saya tidak membahas soal destinasi disana. Tapi, pengen membahas soal kuliner. Ya, semua pasti tahu, kuliner di Bangkok itu bener-bener bikin lapar dan baper. semua enak. Salah satu yang paling saya suka apalagi kalau bukan Tom Yam Seafood-nya. Hmmm, luar biasa enaknya. Kalau ke Bangkok tidak mencicipi Tom Yam, sama aja bohong.

Selain Tom Yam yang super duper menggugah selera, kudapan lainnya yang saya suka adalah maggo Sticky Rice. entah kenapa, setiap kali mencoba makanan khas Bangkok di negeri sendiri, pasti rasanya selalu beda. Pokoknya kurang nikmat rasanya. Berkali-kali nyoba Tom Yam di Jakarta masih saja kurang nampol, pasti ada saja yang kurang greget. Begitu juga dengan Manggo Sticky Rice-nya. pokoknya kalau nggak nyicipin di negaranya sendiri pasti kurang nampol. 

Foto: dokpri
Foto: dokpri
Sampai akhirnya, suatu hari, ketika traveling ke Bangkok lagi, saya diajak teman mencicipi makanan lain selain Tom yam dan Manggo Sticky Rice. Teman saya bilang, "pasti lu nagih." Akhirnya, usai ngider pusat perbelanjaan Platinum Pratunam, kami mulai hunting kuliner di kawasan tersebut. Ya, tidak jauh dari lokasi Mall, di pinggir jalan banyak tenda-tenda tempat jajanan dan kuliner. Salah satunya makanan Salt Grilled Fish alias ikan Bakar yang dikasih garam. Awalnya saya sempat khawatir, bagaimana mungkin makan ikan yang semua permukaannya di taburi garam, kemudian di panggang. Saya takut asin. Karena, ya, tahu sendiri segala makanan yang terlalu asin pasti tidak enak.

"Pokoknya ntar lu rasain deh." kata teman sambil memesan dua ekor ikan (saya lupa jenis ikannya apa), namun ukurannya lumayan besar juga sih. 

Kemudian, Ikan langsung di proses. Sebelum dipanggang ikan dibalurin garam yang lumayan banyak. Sambil menunggu ikan selesai dipanggang, kudapan lainnya pun dihidangkan di atas meja. Mulai dari sambal (disini disebut sambal Matah) yang pedesanya luar biasa. juga dihidangkan sayuran mentah alias lalapan. 

Foto dokpri
Foto dokpri
Setelah dihidangkan, teman saya memberi tahu cara menikmati ikan bakar ini. Kulit yang dibalurin garam tadi dibuka/dikupas, maka terlihatlah dagingnya yang matang dan saatnya dinikmati. Agar lebih nampol, daging yang matang tadi dicocol pakai sambal yang lumayan pedas. Hmmm... jangan salahkan keringat bercucuran di wajah  deh. Tapi, ikannya bener-bener nikmat banget. Tidak ada rasa asin seperti yang saya takutkan tadi. Justru rasa dan aroma ikannya jauh dari asin dan amis. Pokoknya nikmat banget deh. 

Pokoknya kalau ke Bangkok, coba deh menjajaki kuliner Salt Grilled Fish. Pasti nggak bakalan nyesal. Oiya, soal harga, untuk dua orang kalau tidak salah sekitar 200-300 ribuan gitu deh. mungkin karena, selain Salt Grilled Fish, kami juga memesan kerang dan makanan lainnya. Pokoknya nikmat, deh!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x