Bernand Artanto Winata
Bernand Artanto Winata

Nasionalisme adalah tidak membuang sampah sembarangan

Selanjutnya

Tutup

Wanita

Cara Cerdas Puan Maharani Memberikan Apresiasi

7 September 2017   22:33 Diperbarui: 7 September 2017   22:48 747 1 4
Cara Cerdas Puan Maharani Memberikan Apresiasi
detik.com

Dalam konteks keilmuan Psikologi, selain ada punishment,sebagai hukuman atas perilaku tertentu yang tidak diharapkan, ada juga reward,  sebagai hadiah karena berperilaku sesuai atau mungkin melebihi ekspektasi yang diinginkan.

Kesadaran psikologis seperti itulah yang diaplikasikan Puan Maharani dalam menjalankan roda Kementerian yang dipimpinnya.

Artinya, selama ini kita bisa melihat Puan Maharani sebagai sosok menteri yang tahu bagaimana cara memberikan apresiasi terhadap sosok, lembaga, kementerian, atau lainnya yang berprestasi dan memberikan sumbangsih dalam pembangunan dan kemajuan negeri. Terutama, dalam posisinya sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (menko PMK).

Puan Maharani menyadari, bahwa dengan pemberian reward  dan apresiasi, akan meningkatkan kinerja, inovasi, dan kreativitas karena menjadi motivasi tersendiri untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri. Etos kerja dan integritas terhadap tugas akan meningkat karena apresiasi hanya diberikan kepada mereka yang berprestasi.

Termasuk cara cerdas Puan Maharani dalam memberikan apresiasi adalah ketika Puan Maharani memberikan penghargaan kepada 40 program dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/D) dalam melakukan inovasi pelayanan publik yang dampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat.

Top 40 Inovasi Pelayanan Publik yang merupakan rangkaian kegiatan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Top 40 Inovasi Pelayanan Publik merupakan Inovasi yang hasil seleksi inovasi pelayanan publik sebanyak 3.054 inovasi.

Salah satu nilai revolusi mental yang diperjuangkan untuk diwujudkan adalah Indonesia Melayani. Artinya, Puan Maharani ingin memberikan apresiasi kepada mereka yang secara inovatif memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dampaknya telah dirasakan secara luas.

Sebab, adakah tugas pemimpin, pejabat, pegawai, dan apparat yang lebih mulia daripada memberikan pelayanan? Itulah kenapa Puan Maharani memberikan apresiasi besar kepada mereka yang cerdas memberikan pelayanan publik.

 Dalam konteks inilah kita bisa melihat Puan Maharani cerdas dalam memberikan apresiasi dan menghargai hasil kerja dan inovasi yang dilakukan. Tidak hanya bisa dimaknai sebagai bagian dari apresiasi semata, tapi sekaligus memberikan pelajaran dan motivasi penting bagi lembaga lain (terutama yang belum mendapatkan penghargaan) untuk terus memperbaiki diri dan melakukan kerja-kerja produktif bagi kemajuan negeri.