Mohon tunggu...
Raditya Rafif Baratama
Raditya Rafif Baratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mengumpulkan Tugas

Mahasiswa UAD

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Ekonomi Digital dalam Sosial Media di Indonesia

20 Januari 2022   23:33 Diperbarui: 21 Januari 2022   00:17 2713
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan ekonomi digital dalam sosial media di Indonesia

Indonesia mempunyai pengaruh potensi besar dalam perkembangan dunia teknologi. Ekonomi digital di Indonesia telah memberikan dampak positif dan negative bagi pembangunan Indonesia. 

Saat ini nilai digital ekonomi di imdonesia pada tahun 2020 mencapai USD 44 milyar yang berarti 11% dari tahun 2019 dan berkontribusi sebesar 9,5% terhadap PDB Indonesia. Sosial media menjadi peran utama dalam perkembangan digital ekonomi saat ini. Dimana sosial media adalah media komunikasi yang hampir seluruh manusia atau setiap orang pengguna interne, termasuk bagi para pelaku usaha kreatif di Indonesia. 

Ekonomi digital terus tumbuh pesat selama satu decade terakhir. Potensi ekonomi digital diharapkan dapat menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia ke depan. 

Pemerintah terus mengembangkan regulasi dan strategi agar ekonomi digital dapat berkembang secara optimal. Media sosial memberikan ruang pemasaran yang lebih luas bagi para pengusaha mikro untuk mengembangkan usahanya di wilayah tersebut. Penggunaan media sosial seperti Twitter, Facebook, Skype, Line, WhatsApp dan media sosial lainya untuk layanan bisnis juga menguntungkan konsumen. 

Salah satu dampak positif dari dampak besar pada pembangunan Media Komunikasi sebagai saran Melakukan transaksi ekonomi mampu memberikan kemajuan yang begitu besar di bidang pengetahuan, berikan Transaksi ekonomi yang nyaman, dengan cara yang mudah dipahami 

Hal ini dapat memudahkan seseorang untuk mendapatkan produk yang di inginkan dan menggunakanya sebagai cara baru bagi orang untuk melakukan aktivitasnya. Dan hal-hal ini juga dapat memberikan manfaat yang signifikan melalui berbagi inovasi penjualan Online bisa lebih mudah menangani.

Perkembangan teknologi juga dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perilaku pengguna Media sosial: produktivitas ekonomi suatu negara, semakin banyak permintaan, semakin cepat produksi dapat dikelola untuk memenuhi permintaan pasar yang di kelola oleh media telekomunikasi, dan dengan hadirnya media sosial dalam perkembangan teknologi dapat menghasilkan pengaruh baru yang dapat membuka peluang usaha dan tenaga kerja dan pertumbuhan. 

Dengan bertambahnya pusat-pusat industrialisasi, perekonomian meningkat dan berkembangan, di daerah yang dapat dengan mudah mengembangkan media informasi dan komunikasi tingkat tinggi Pertumbuhan ekonomi. 

Dengan adanya media sosial berbasis teknologi memudahkan untuk memperoleh informasi dan dengan mudah memperdagangkan produk yang diperdagangkan secara langsung dan jarak jauh, yang dapat mempermudah transaksi ekonomi bagi konsumen yang menguntungkan produsen atau ekonomi besar. 

Peserta yang menggunakan sistem ini Transaksi saat ini. Ekonomi digital di media sosial tidak hanya memiliki perkembangan positif tetapi juga negatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun