Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Manajemen Hubungan Pelanggan Dalam Perusahaan

26 Juli 2022   13:21 Diperbarui: 26 Juli 2022   13:26 1055
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sistem CRM Pada Perusahaan (Sumber: Barantum.com)

Dalam bisnis, interaksi dengan pelanggan merupakan hal sangat penting. Semua kegiatan bisnis yang terjadi dalam perusahaan pasti berujung untuk pelanggan.

Mulai dari bagaimana cara agar pelanggan tertarik dan membeli produk kamu, cara agar pelanggan tetap betah dan terus menggunakan produk kamu, sampai bagaimana pelanggan merekomendasikan produk kamu pada orang lain.

Maka dari itu, hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang wajib untuk dipelihara agar hubungan antara pelanggan dan perusahaan dapat terus berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan untuk kedua belah pihak.

Apa itu manajemen hubungan pelanggan?

Manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management adalah kegiatan manajemen (pengelolaan) hubungan antar pelanggan dan perusahaan yang bertujuan untuk memelihara dan membangun hubungan baik dengan pelanggan agar kegiatan bisnis yang terjadi dengan pelanggan dapat terus berjalan berkelanjutan.

Ada satu teknologi yang sengaja di desain khusus untuk mendukung kegiatan manajemen hubungan pelanggan ini yang disebut Sistem CRM.

Sistem CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengontrol atau mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca-penjualan yang terjadi dalam perusahaan.

Apa saja manfaat CRM bagi perusahaan?


Penggunaan sistem CRM dalam perusahaan sangat penting. Dengan menggunakan sistem CRM, tentu akan mempermudah perusahaan dalam mengelola interaksi pelanggan yang terjadi seperti proses menarik prospek atau follow-up, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Berikut ini manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan sistem CRM pada perusahaan:

1. Menghemat Biaya

Menggunakan CRM mampu menghemat biaya operasional perusahaan. Data pelanggan yang tersusun rapi dalam database di dashboard yang dikategorikan berdasarkan kebutuhan mereka (pelanggan) masing-masing, memudahkan kamu untuk melakukan kegiatan pemasaran ulang (remarketing) kepada pelanggan yang sudah ada.

Seperti menggunakan media email marketing yang menawarkan produk sesuai kebutuhan pelanggan kamu. Sehingga pemasaran menjadi lebih tepat sasaran. Dalam hal ini tentu akan menghemat banyak biaya promosi perusahaan.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan semakin cepatnya layanan, semakin banyak pesan pelanggan yang dibalas, akan semakin banyak pula pelanggan yang puas yang akan menghasilkan pelanggan yang loyal terhadap perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun