Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Bisnis Anda Sudah Menggunakan CRM? Ini Alasan Kenapa Menggunakan CRM Itu Penting untuk Bisnis Anda

22 Juni 2022   13:55 Diperbarui: 23 Juni 2022   09:34 403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sistem CRM (Sumber: Barantum.com)

Apakah Perusahaan atau Bisnis Anda Sudah Menggunakan Sistem CRM?

Apa itu CRM? CRM (Customer Relationship Mangement) merupakan strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Untuk mempermudah manajemen hubungan pelanggan tersebut dibutuhkan suatu sistem, sistem tersebut adalah sistem CRM.

Dengan menggunakan CRM, akan membantu Anda dalam kegiatan prapenjualan sampai dengan pascapenjualan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan Customer Livetime Value yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

Banyak sekali perusahaan penyedia aplikasi CRM di Indonesia. Sebaiknya, Anda memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda, yang fitur-fiturnya dapat disesuaikan dan memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Memilih CRM yang tepat ini sangatlah penting agar sistem ini mempermudah operasional bisnis Anda. Pilihlah sistem CRM yang tepat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Ini Alasan Kenapa Bisnis Membutuhkan Aplikasi CRM

Berikut ini alasan penting mengapa sebuah bisnis membutuhkan aplikasi CRM:

1. Mengelola data pelanggan secara otomatis

Aplikasi CRM dapat mengumpulkan data pelanggan secara otomatis. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya melacak minat pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, bahan pertimbangan dalam menyusun strategi promosi dan penjualan, dan lain sebagainya.

2. Sarana promosi terbaik

Sistem CRM dapat Anda manfaatkan untuk sarana pemasaran atau promosi yang efektif. Dimana dengan menggunakan sistem CRM berbasis web, Anda bisa mulai menentukan strategi promosi yang tepat saaran dengan memanfaatkan database pelanggan.

3. Membangun loyalitas pelanggan

CRM Service memiliki kemampuan untuk melacak dan menangani testimoni pelanggan terkait produk, jasa dan layanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi CRM Indonesia untuk meminta feedback dari pelanggan. Hal ini berguna untuk strategi membangun kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. Integrasi dengan banyak saluran komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun