Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Pebisnis Wajib Tahu! Begini Cara Meningkatkan Omzet Penjualan dengan CRM

22 Juni 2022   10:59 Diperbarui: 22 Juni 2022   13:06 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
CRM (Customer Relationship Management (Sumber: Barantum.com)

Aplikasi CRM Untuk Optimalkan Bisnismu

Apa itu CRM? CRM (Customer Relationship Mangement) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. 

Dengan menggunakan CRM, akan membantu Anda dalam menarik prospek penjualan, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan untuk Customer Livetime Value yang lebih tinggi.

Di Indonesia, banyak perusahaan yang menawarkan sebagai penyedia aplikasi CRM. Sebaiknya, Anda memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda, yang dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda.

Memilih CRM yang tepat ini sangatlah penting agar sistem ini mempermudah operasional bisnis Anda. Pilihlah sistem CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai budget yang Anda miliki.

Ini Manfaat CRM Yang Bisa Bikin Bisnismu Raih Untung Berlipat

Dengan menggunakan aplikasi CRM, akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dan tentunya bisa membuat bisnismu mendapatkan omzet penjualan yang meningkat.

1. Meningkatkan Jangkauan Pelanggan

Dengan sistem CRM, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan sistem yang terintegrasi dan bisa terhubung dengan berbagai channel akan memudahkan Anda dalam menjangkau lebih banyak pelanggan.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sistem CRM mampu meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda, karena semua database pelanggan yang tersusun rapi dan dikelompokan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing. Membuat mempercepat proses follow-up pada pelanggan dengan langsung menawarkan produk sesuai kebutuhan mereka.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan semakin banyaknya data pelanggan yang di follow-up dan cepatnya proses follow up pelanggan. Akan semakin banyak pelanggan yang terbantu dan puas dengan pelayanan bisnis Anda sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. Menghemat Biaya Promosi

Dengan CRM, semua aktivitas prapenjualan dan pasca penjualan bisnis Anda akan tersusun rapi. Sehingga Anda bisa memonitor aktivitas penjualan Anda. Data yang sudah tersimpan dan menjadi database bisa Anda gunakan untuk kegiatan remarketing (pemasaran ulang).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun