Mohon tunggu...
Ayat Hidayatulloh
Ayat Hidayatulloh Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Panyingkiran

Nonton, Bersepeda, Game

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perlunya Pembuatan Best Practice bagi Guru dengan Menggunakan Metode STAR

7 Desember 2022   13:55 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:56 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar Belakang

Menumbuhkan minat belajar peserta didik sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam meningkatkan minat belajar peserta didik selama pembelajaran, pengajar  juga perlu untuk melakukan inovasi pada proses pembelajaran.

Materi pembelajaran yang dikemas dengan menarik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan atau menumbuhkan minat belajar peserta didik, dalam hal ini perlu adanya sebuah perubahan dan peningkatan pengajar dalam pembuatan perangakat pembelajaran

Kurang tepatnya pengajar dalam membuat perangkat dan model pembelajaran juga akan sangat mempengaruhi. Maka, pengajar harus mampu menemukan perangat pembelajaran dan media yang tepat untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih bersemangat. Pada saat pembelajaran produktif khususnya pengajar dapat menggunaan media yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran. Pengajar harus kreatif menggunakan media pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi peserta didik selama proses pembelajaran

Menggunakan media yang menarik pada pembelajaran akan membangkitkan semangat dan fokus peserta didik dalam proses pembelajan. Media pembelajaran yang menarik didesain untuk membantu pengajar dalam proses pembelajaran supaya bahan ajar dan media ajar yang disajikan oleh pengajar lebih tersusun dan terstruktur. Sehingga pada saat pembelajaran, peserta didik bisa lebih fokus karena bahan ajar dan media ajar sudah tersedia dengan rapi.

Inovasi dalam media pembelajaran yang biasanya hanya berupa PDF dan powerpoint yang selama ini dirasa sudah menjadi hal biasa bagi peserta didik, sehingga minat belajar peserta didik menurun.

Berdasarkan permasalahan di atas, praktik baik atau best practices  perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan dengan model dan media yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, hasil kajian dan wawancara, pengajar mendesain pembelajaran yang inovatif dan media yang menarik untuk meningkatkan minat dan fokus peserta didik dalam belajar. Pengajar menentukan model pembelajaran yang inovatif menggunakan model PBL (Problem Based Learning)  dan media yang menarik untuk meningkatkan kemampuan dalam pelajaran dalam pembelajaran produktif khususnya jurusan TKJ.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Penggunaan model PBL (Problem Based Learning) untuk peserta didik, antara lain: memberi tantangan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru bagi peserta didik, mengeksplor kemammpuan peserta didik dalam mencari solusi dan menemukan sebuah jawaban dari permasalahan yang biasanya terjadi, membantu peserta didik untuk menambah pengetahuan mereka untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata, dan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, dengan penggunaan media yang menarik bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar dan minat peserta didik selama proses pembelajaran sehingga anak bisa aktif selama proses pembelajaran. Peran pengajar menjadikan motivator dan fasilitator dengan memberikan kemudahan atau memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran dan dapat membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun