Mohon tunggu...
Bapas Surakarta
Bapas Surakarta Mohon Tunggu... Konsultan - Bapas Kelas I Surakarta

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Surakarta merupakan Unit Pelaksa Teknis (UPT) di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang berada di Wilayah kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Area tugas (wilayah kerja) Bapas Surakarta meliputi se-Eks Karisidenan Surakarta Yaitu: Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Pastikan Kelayakan Penjamin, PK Lakukan Kunjungan Rumah

14 Mei 2024   16:50 Diperbarui: 14 Mei 2024   17:38 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Humas Bapas Solo

Pastikan kelayakan penjamin, Pembimbing Kemasyarakatan lakukan Kunjungan kerumah penjamin

Surakarta; Pembimbing Kemasyarakatan (PK) pertama, Andrina Nuralisa, melakukan kunjungan ke rumah penjamin di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Senin(13/05). Kunjungan ini bertujuan memastikan kelayakan penjamin bagi klien berinisial WRA yang sedang menjalani pidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Yogyakarta karena kasus Narkotika sesuai Pasal 114 UU RI No 35 Tahun 2009 dan sedang diusulkan untuk mendapatkan program Pembebasan Bersyarat.

Selama kunjungan, PK Andrina bertemu dengan penjamin berinisial EY, yang merupakan kakak kandung klien, untuk memastikan bahwa EY memenuhi syarat sebagai penjamin dan bersedia mengawasi WRA agar klien dapat berubah menjadi lebih baik. Selain itu, PK juga melakukan wawancara mendalam dengan EY guna memperoleh data yang akan dituangkan dalam laporan penelitian kemasyarakatan (litmas). Rumah penjamin terletak di perkampungan padat penduduk dengan gang-gang sempit, yang akan menjadi tempat tinggal klien setelah bebas nanti.

Informasi yang diperoleh dari kunjungan tersebut akan dituangkan oleh PK ke dalam litmas. Selanjutnya, hasil litmas tersebut akan dibahas dalam sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) di Bapas untuk menentukan apakah klien berinisial WRA berhak mendapatkan Pembebasan Bersyarat (PB) atau tidak. Sidang TPP ini merupakan langkah krusial dalam proses penentuan kelayakan pembebasan klien.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya dalam memastikan bahwa setiap klien yang diusulkan untuk program Pembebasan Bersyarat benar-benar memiliki penjamin yang mampu mendukung dan mengawasi proses reintegrasi klien ke masyarakat. Hal ini juga mencerminkan komitmen Bapas Surakarta dalam menjalankan tugasnya dengan profesionalisme dan dedikasi tinggi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun