Mohon tunggu...
Bapas Surakarta
Bapas Surakarta Mohon Tunggu... Konsultan - Bapas Kelas I Surakarta

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Surakarta merupakan Unit Pelaksa Teknis (UPT) di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang berada di Wilayah kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Area tugas (wilayah kerja) Bapas Surakarta meliputi se-Eks Karisidenan Surakarta Yaitu: Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

PK Bapas Surakarta Kunjungi Rutan Surakarta

2 Mei 2024   09:34 Diperbarui: 2 Mei 2024   09:50 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Humas Bapas Solo

Pembimbing Kemasyarakatan Kunjungi Rutan Surakarta untuk Penggalian Data Litmas Cuti Bersyarat

Surakarta; Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Surakarta, Prita Palupi, melaksanakan kegiatan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) ke Rutan Surakarta, Kamis(02/05). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan penggalian data terkait dengan program Litmas Cuti Bersyarat yang diterapkan bagi klien pemasyarakatan.

Salah satu klien yang menjadi fokus kunjungan adalah 'RS', yang saat ini sedang menjalani pembinaan di Rutan Surakarta. 'RS' telah terbukti bersalah melanggar Pasal 127 UURI No. 35 Tahun 2009 dan divonis dengan hukuman penjara selama 1 tahun.

Pembimbing Kemasyarakatan, Prita Palupi, melakukan wawancara langsung terhadap 'RS' dan juga petugas Rutan. Informasi yang diperoleh dari petugas Rutan juga menunjukkan bahwa 'RS' telah menunjukkan perubahan sikap yang positif selama menjalani pembinaan di dalam Rutan.

Dalam konteks Litmas, 'RS' yang telah menjalani masa pidana hampir 2/3 masa hukuman dan menunjukkan perilaku baik, berpotensi untuk memperoleh kesempatan cuti bersyarat. Langkah-langkah selanjutnya dalam proses pengajuan cuti bersyarat akan terus dipantau dan dievaluasi oleh Pembimbing Kemasyarakatan, sebagai bagian dari upaya rehabilitasi dan pembinaan bagi para narapidana.

#BapasSurakarta
#BapasSolo
#Litmas
#PembimbingKemasyarakatan
#Lapas
#Rutan
#Pemasyarakatan
#Kemenkumham

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun