Mohon tunggu...
Haji Dwi Sugiarto
Haji Dwi Sugiarto Mohon Tunggu... Bergerak Berjuang Ber-Demokrasi

Tiyang Jawi nembe Sinau lan Nyinauni Jawi supados Njawani. Rawe-rawe rantas malang-malang putung.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hari Batik Nasional

2 Oktober 2020   10:22 Diperbarui: 2 Oktober 2020   10:34 29 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Batik Nasional
Batik Indonesia

Selamat Hari Batik Nasional Indonesia tanggal 2 Oktober sungguh merupakan penghargaan yang tinggi terhadap budaya leluhur Nusantara yang mempunyai karya hasil budi daya kecerdasan yang luhur. 

Batik salah satunya karya seni yang adi luhur, hampir setiap wilayah di nusantara punya ciri-ciri khusus. Ciri yang menandakan kekhasan si pemakai atau wilayah produksinya. Daya cipta yang akhirnya berkembang pesat sesuai jaman diciptakan dan diproduksinya untuk memenuhi pasar, sebagai lahan bisnis hingga saat ini.

Dalam tata cara pembuatannya juga mempengaruhi harga jual dari produk batik 2020 tersebut, misalnya batik tulis, batik cetak press atau batik industri massal. Tetaplah yang bernilai tinggi dari seni maupun harganya adalah batik asli tulisan tangan sang pembuat. Bahkan jenis atau corak kerajaan tertentu ada ciri-ciri yang tak boleh di pakai oleh orang biasa atau awam.

Sungguh beruntung Bangsa Indonesia mempunyai leluhur yang berbudi seni tinggi yang terwujud dalam seni lukis batik Nusantara yang diakui dunia milik syah Indonesia.

Tidak boleh lupa para penguasa negeri ini, harus memfasilitasi pengembangan untuk industri garamen atau fashion masyarakat dunia. PErputaran ekonomi pun bisa di tingkatkan melalui batik untuk kesejahteraan rakyat semesta.

Dengan pandemi corona virus covid19 di tahun 2020 ini, tentunya industri kecil maupun besar garmen menurun. Tapi tetaplah pemerintah untuk tetap bisa menjaga para pengusaha batik untuk tetap hidup berkarya. Jagalah mereka jangan mati atu tergilas jaman.

Jayalah Indonesia.

Jakarta, 2 Oktober 2020

Haji Dwi Sugiarto 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x