Mohon tunggu...
Banyumas Maya
Banyumas Maya Mohon Tunggu... Karena Berbagi Tak Pernah Rugi, Teruslah Berkarya

Anak desa yang bersahaja mencoba Belajar Menulis Menjadi Pewarta Warga [Citizen Journalism]

Selanjutnya

Tutup

Travel

Kolam Renang Belanda Masih Terjaga

8 Desember 2012   16:38 Diperbarui: 24 Juni 2015   19:59 2449 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kolam Renang Belanda Masih Terjaga
1354983850388528812

Apa yang kita tulis akan menjadi sejarah bagi generasi yang akan datang. Begitu juga apa yang telah leluhur wariskan menjadi peninggalan sejarah bagi kita. Oleh karena itu mari kita ciptakan sejarah dengan menulis. [caption id="attachment_213504" align="aligncenter" width="613" caption="Kolam Renang Tirta Alam / dok. www.pancasan.or.id"][/caption]

Kabupaten Banyumas memliki beberapa kolam renang baik yang bersifat umum ataupun terbuka serta kolam renang khusus yang hanya dipakai oleh orang-orang tertentu seperti diberbagai hotel di baturraden dan purwokerto. Beberapa kolam renang umum di Banyumas yaitu Kolam Renang Langen Tirto milik SPN Purwokerto di Watumas Baturraden, kolam renang tirta kencana Berkoh Purwokerto Selatan, dan kolam renang somagede.

Banyumas bagian barat juga memiliki Kolam Renang Tirta Alami yang terletak di Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang. Kolam renang ini konon berumur ratusan tahun yang merupakan jaman peninggalan belanda. Saat ini kolam renang Tirta alami merupakan satu-satunya Kolam Renang yang di kelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Banyumas.

Kolam renang ini biasanya rame setiap hari libur ataupun saat musim liburan sekolah. Pengunjung juga beraneka ragam mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Karcis atau tiket masuk menuju kolam renang tirta alami juga termasuk sangat terjangkau atau ekonomis bagi masyarakat, masih sangat terjangkau kantong pelajar ataupun mahasiswa.

Keunikan kolam renang ini adalah air yang khas mengalir dari sumber mata air atau tuk. Yang membedakan dengan kolam renang lainnya dimanapun adalah lantai dasaranya yang sangat alami dan kesegaran yang khas terasa. Lantai dasar masih tetap menggunakan batu-batu kecil atau gragal yang membuat suasana desa semakin terasa. "Walaupun sebenarnya pihak pengelola mampu untuk membeli keramik menggantikan lantai dasar tapi tu tidak dilakukan demi menjaga kelestarian dan ciri khas alami", tutur Bapak Munawar Achmad Kepala Desa Pancasan.

Khusus Bagi masyarakat desa pancasan ada program renang gratis setiap hari kamis. Yang dijadikan hari renang desa pancasan dengan diikuti pula anak-anak sekolah dengan pelajaran renang. Hal ini membuktikan fungsi sosial dan pengabdian pemdes pancasan atau pengelola kolam renang untuk masyarakat desa pancasan.

[caption id="attachment_213507" align="aligncenter" width="600" caption="Kios Pancasan Ajibarang / Dok. Pribadi"]

135498451785089556
135498451785089556
[/caption]

Perkembangan zaman menjadikan kolam renang Tirta alam semakin berbenah dan terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas tanpa menghilangkan unsur sejarah (historis) yang ada. Menurut Aminurrohman, Kaur Umum Desa Pancasan, "Saat ini sudah terbangun kolam renang untuk anak-anak, tempat luncur, perbaikan tempat bilas dan ruang ganti serta toilet. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tembok keliling dan penambahan keindahan dengan pepohonan, perapian sekeliling lingkungan kolam renang, serta saat ini sedang dibangun Kios Desa Pancasan".

Pembangunan Kios Desa pancasan bertujuan agar penataan tempat lokasi wisata lebih teratur, bersih, rapi dan indah, kata Azhar Haris ketua karangtaruna Desa Pancasan Kecamatan Ajibarag. Dari segi sektor perekonomian dengan adanya pembangunan kios akan menjadi tempat yang strategis bagi masyarakat ataupun perangkat Desa Pancasan untuk meningkatkan pendapatan.

Bagi anda yang bingung mau berakhir pekan melepas penat setelah seharian bekerja bisa mencoba refreshing menikmati kesegaran alami di kolam renang Tirta Alam Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang Banyumas Jawa Tengah. Menikmati akhir pekan bersama orang-orang tersayang disekitar anda. Daya tarik nilai historis serta kesegaran dan kejernihan yang unik menjadikan kolam renang ini senantiasa di kunjungi oleh pelanggan setia yang menjadikan wahan wisata kolam renang tetap ramai.

Selamat menikmati kebahagiaan bersama orang-orang tercinta di sekitar Anda. Salam silaturahmi... Salam dari Desa. ^_^

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x