Mohon tunggu...
Banyumas Maya
Banyumas Maya Mohon Tunggu... Karena Berbagi Tak Pernah Rugi, Teruslah Berkarya

Anak desa yang bersahaja mencoba Belajar Menulis Menjadi Pewarta Warga [Citizen Journalism]

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sue Ora Jamu, Jamu Godong Jambu

30 November 2012   23:00 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:24 440 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sue Ora Jamu, Jamu Godong Jambu
1354316318772793002

Selamat pagi kakak-kakak kompasianer, pembaca dimanapun anda berada. Selagi pagi saya mau mengucapkan Selamat Hari  Aids sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2012. Sampai sekarang setahu saya penyakit AIDS sangat ganas dan mematikan yang ditularkan oleh virus HIV. Yang berwujud begitu kecilnya namun bisa menggerogoti kuatnya badan manusia. Mari di hari AIDS ini kita lebih sadar agar bisa menjaga (barang) masing-masing. Karena penyebaran virus Aids lebih banyak melalui seks bebas selain faktor lain seperti karena keturunan dsb..

Mengambil pelajaran dari AIDS setidaknya kita harus bersyukur. Dan bagi korban tetaplah semangat menghadapi hidup. Karena kematian sejatinya bukalah di tangan penyakit AIDS namun atas izin dan Ridho Tuhan Yang Maha Esa. Bag masyarakat Mari kita Belajar juga untuk menghargai penderita AIDS.

[caption id="attachment_212243" align="aligncenter" width="610" caption="Godhong Jambu / Dok. Pribadi"][/caption]

Owkeh sobat. Di pagi hari ini saya akan mencoba share pengalaman sedikit tentang godong jambu. Pohon yang satu ini hampir ada di seluruh daerah nusantara. Dekat dengan kita karena mudah ditanam dan biasanya ada di sekitar pekarangan kita. Pohon jambu selain bermanfaat mencegah banjir. #lho kok bisa? Ya bisa sedikit atau sebesar apapun peran pohon pasti berpengaruh dengan proses tragedi banjir. hehe...3x :-)

Pernahkan anda mengalami sakit perut terus maaf bahasa jawanya mencret (Sering BAB) ? maka inilah salah satu manfaat dari sekian banyak dari pohon jambu. Selain buahnya yang segar dan sangat bermanfaat bagi tubuh, Daun jambu ini sangat manjur loch untuk mengobati diare.

Dalam pegobatan yang harus ada dan syarat mutlak adalah keyakinan, obat dan doa. Kalau semua ada insyaalloh dengan cepat akan sembuh. Caranya mudah aja kok. Pastikan daun muda pohon jambu tersebut masih higienis tidak terkena inesktisida. Dicuci dengan bersih kemudian tinggal di makan tuh daun jambu. Oh iya daunnya yang muda yach.. pupus godhong jambu.

Bisa juga di kasih uyah atau garam sedikit, terus di kunyah, serap sari-sarinya. Bagi yang kuat bisa menelannya. Santai saja karena obat alami insyalloh tidak akan ada efek sampingnya. Abis itu minum air putih yach… Owh iya jangan terlalu banyak makan daun jambu yach, entar jadi susah BAB dech.. hehe… yang wajar sajah. itu cerita singkat saya kalo mengobati sakit diare. Kalau anda bagaimana sobat pembaca/kompasianer?

Sue ora njamu, ayuh pada njamu godhong jambu. Lestari alamku, sehat badanku…

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x