Mohon tunggu...
Banyumas Maya
Banyumas Maya Mohon Tunggu... Karena Berbagi Tak Pernah Rugi, Teruslah Berkarya

Anak desa yang bersahaja mencoba Belajar Menulis Menjadi Pewarta Warga [Citizen Journalism]

Selanjutnya

Tutup

Travel

Ada Lengger dari Prancis di Grebeg Suran Baturraden

29 November 2012   11:03 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:29 527 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Lengger dari Prancis di Grebeg Suran Baturraden
13541861751225903428

Festival grebeg suran selalu menjadi daya tarik wisatawan. Baik dalam negeri maupun manca Negara. Masyarakat pun ikut berperan aktif mengikuti rangkaian kegiatan grebeg suran yang merupakan agenda Tahunan di Banyumas. Festival Grebeg suran  dilaksanakan di bulan sura setiap hari selasa/jumat kliwon di Lokawisata Baturraden. Prosesi ini sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah diberikan berupa hasil panen.

Pada Tahun 2012 ini festival Grebeg Suran Baturraden terpisah antara ritual klenik atau spiritual dengan ritual yang menjadi budaya yang menjadi tontonan masyarakat serta wisatawan. Berbagai rangkaian kegiatan sudah dilakukan seperti bersih gunung, napak tilas baturraden dan lain sebagainya.

Acara yang menyedot perhatian masyarakat jawa tengah ini juga menjadi pembuka atau opening Visit Jateng 2013, Wisata Jawa Tengah Bagian Selatan. Berbagai pertunjukan dan penampilan dikemas secara apik dan tentu akan sangat menarik.

Jadwal puncak acara Festival grebeg suran akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2012 bertepatan dengan hari Minggu Kliwon pasaran jawa. Akan dimeriakhan dengan arak - arakan prosesi grebeg gunungan hasil bumi dengan kontingen kesenian dari 12 desa penyangga dan warga Baturraden. Pertunjukkan kesenian Lengger Calung Banyumasan serta Lengger Setugel dari Perancis.Secara singkat acara pada festival grebeg suran baturaden yaitu :

- Karnaval tumpeng dan Punggel Sewu- Lengger Calung Banyumasan- Lengger Calung dari Prancis- Ebeg Banyumasan (Kuda Lumping) - Pagelaran Wayang Ruwat Bumi oleh ki dalang Soegito Purbo Carito - Pertunjukan Wayang kulit semalam suntuk 3 Dalang dengan salah satu lakonnya “Semar Mbangun Kahyangan”

Pada tahun ini ada penampilan yang unik yaitu lengger dari prancis. Yang mana memberikan pelajaran bahwa orang luar negeri di prancis saja mau mempelajari kebudayaan kita, kenapa kita tidak? Bukankah kebudayaan kita ini sangat adi luhung. Banyak sekali kearifan-kearifan yang terkandung dalam seni lengger banyumas.

Calung atau lengger calung adalah suatu tari-tarian gambyong yang diiringi gamelan bambu dengan gamelan banyumasan. Sehingga ada beberapa yang menyebutnya gambyong banyumasan. Seperti apa tariannya dan keindahannya datang saja di festival grebeg suran baturraden.

Selain rangkaian kegiatan yang menarik tentunya jangan lupa ya beli oleh-oleh khas banyumas. Panitia juga menyediakan Kaos yang menarik dan elegan. Berikut penampakannya :

[caption id="attachment_212002" align="aligncenter" width="599" caption="Kaos Festival Grebeg Suran Baturraden / sumber www.banyumase.com www.dablongan.com"][/caption]

Bagi yang tidak bisa hadir langsung karena jauh  atau terkendala oleh ruang dan waktu anda bisa ikut berpartisipasi dengan  mendonasikan melalui Panitia dari PMPB atau menghubungi Bapak Tekad. Dan bagi anda yang ingin membeli kaos Festival Grebeg suran baturaden juga bisa berbelanja secara online di toko online Kaos Dablongan Purwokerto Banyumas. atau contact melalui Twitter @banyumase @kaosdablongan

Semoga Acara Grebeg Suran bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Selamat berwisata ke baturraden Banyumas. nikmati keindahan alam baturraden dan aneka warisan kebudayaan di Banyumasku.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x