Mohon tunggu...
Bany Samawy
Bany Samawy Mohon Tunggu... Berhubungan secara tidak wajar, dengan cara , apakah ada bantuan Khusus, sedangkan TNI saja dapat bantuan..
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Aquarius

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tips Jadi Penjual yang Bijak: Jangan Lupa Tegur Sapa dan Ucapkan Terima Kasih

18 Oktober 2020   16:46 Diperbarui: 19 Oktober 2020   10:46 13 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Jadi Penjual yang Bijak: Jangan Lupa Tegur Sapa dan Ucapkan Terima Kasih
Resep bunda ( dokpri)

DR _-ddf- MAU JAdi  PENJUAL ?Sungguh kecewa itu ketika kita membeli sesuatu atau melarisi dagangan orang tapi pedagang nya jutek atau bahkan tidak ramah sama sekali. Mau beli/jajan di tempat/barang yang murah meriah atau mahal, kalau yang jual atau pelayanannya jauh dari ramah bener-bener bikin hilang feeling.   BrataposMedia.ID _ Resep _ 18/10/2020 _ - ddf-

sebuah menu makanan ( dokpri)
sebuah menu makanan ( dokpri)
ddf- Mungkin ada  Pembeli  yang belakangan Menyesal, apalagi kalau sudah terlanjur bayar.Saya pernah share cerita tentang saya yang pesan bunga vas online untuk kantor suami saya ya?

Bagus dan terhitung mahal banget.

Langsung dong saya transfer karena saya maunya hari itu juga dikirim. Habis ditransfer saya kirim bukti transfer nya, penjual nya hanya membalas "Ya". Seriously. Tidak bilang "terima kasih".

Atau "Terima kasih. Ditunggu   kiriman bunganya."oo.. No....

Pernah juga saya menuliskan surat terbuka untuk toko buku Gramedia Semarang karena pelayanannya yang tidak ramah. Pihak Gramedia akhirnya memberikan balasan dan berjanji untuk memperbaiki pelayanannya.

Jangan dibalik dengan berkata saya yang lebay ya. Menurut saya tidak pas. Tidak ada etika nya.Sebagai pedagang atau bakul yang dagangannya sudah dilarisi, apalagi dibayar, apalagi tidak harus dikejar-kejar bayarnya, sudah  biasa berhadapan  etika nya bilang terima kasih. Anak saya aja,  usia 10 tahun dan anak cucu saya   4 tahun, saya masakin bisa bilang "Terima kasih, mamy."

Guru-guru les anak saya ditransfer biaya mengajarnya selalu langsung bilang terima kasih.

Pelatih anjing saya ditransfer fee  melatihnya juga  dengan segera ,  langsung bilang terima kasih.

Saya yang ga ada dibayar apa-apa, kalau ada follower yang menuliskan support dan doa juga bilang terima kasih.

Pelanggan adalah raja, yang berarti pelanggan harus diperlakukan dengan baik dan terhormat. Bukan artinya kedudukan pedagang lebih rendah dari pelanggan/pembeli dan semua keinginan pembeli harus dituruti, tapi layanilah dengan baik sehingga pembeli tidak merasa kesal dan akhirnya kapok membeli lagi disana. Kalau daganganmu  kurang enak atau kurang  bagus tapi ditambah   pelayananmu tidak baik, percayalah... pembeli nya tidak happy..makin berabe ..

Banyak pembeli di zaman now, termasuk saya, terkadang lebih memilih beli makanan/jualan yang sebenarnya tidak wow sekali, tapi karena yang jual baik dan ramah, ya ingin beli aja disana. Promosi paling tokcer adalah promosi dari mulut ke mulut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN