Mohon tunggu...
Banny Haruna
Banny Haruna Mohon Tunggu... Guru - pendidik

seorang guru lagi belajar untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jumat Berkah di Sekolah

25 November 2022   11:26 Diperbarui: 25 November 2022   11:45 477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Jumat adalah hari yang istimewa dan memiliki sejumlah keutamaan.  Karena itulah maka SMP Negeri 3 Songgom mempunyai program berupa "Jumat berkah Essoga Berbagi". Ada beberapa kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat diantaranya tabungan santunan anak yatim piatu yang digalang oleh bapak ibu guru dan karyawan sekolah dan Berbagi sarapan. Hari ini Jumat Kliwon Tanggal 25 Nopember 2022 di Sekolahku mengadakan jumat berkah berupa pembagian sarapan untuk para murid semuanya. Donasinya berasal dari Bapak Ibu Guru Karyawan SMP Negeri 3 Songgom, alhamdulllah pagi ini ada 180 bungkus nasi dan minuman yang dibagikan kepada siswa dan siswi serta warga lingkungan sekolah.

Manfaat dan tujuan dari kegiatan ini antara lain :

  • Menumbuhkan rasa syukur, menyisihkan sebagian uang atau penghasilan setiap bulannya untuk berbagi merupakan  kebiasaan "sehat" yang dapat membuat bahagia. ini merupakan bentuk rasa syukur atas apa yang dihasilkan, dimana kita dapat melihat dan mensyukuri apa yang dimiliki dalam kehidupan diri sendiri.
  • Meningkatkan rasa kepedulian sosial, tak ada orang yang berbagi jika tidak memiliki kepedulian  kepada orang lain. Keinginan untuk berbagi itu datang  dari hati, tidak harus selalu dalam bentuk atau jumlah yang luar biasa. seringkali bantuan atau hal kecil yang dilakukan justru membawa manfaat besar untuk orang lain.
  • Saling berbagi tidak merugikan, berbagi dengan sesama merupakan kebiasaan baik yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya mendapatkan pahala saja, saling berbagi sesama ini juga akan memberikan banyak manfaat positif lainnya bagi yang melakukannya dan masih banyak manfaat lainnya.

Sebagai instansi Pendidikan kegiatan ini  juga untuk peningkatan pendidikan karakter di Sekolah, Karakter Religius untuk membentuk suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, saling tolong menolong dalam hal kebaikan merupakan salah satu ajaran agama yang sangat perlu ditanamkan pada para peserta didik.

Sedangkan karakter sosial merupakan perwujudan kepribadian yang melambangkan kualitas karakter bangsa yang baik seperti mewujudkan sikap toleransi, menghormati, meghargai, kebersamaan, gotong royong serta kepedulian dan kepekaan terhadap sesama. Murid akan menyadari bahwa manusia itu adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain.

Penulis sebagai pendidik berusaha mengoptimalkan kegiatan ini sebab seorang guru harus bisa memberikan teladan yang baik bagi siswa maupun lingkungan sekitarnya "Ing Ngarso Sung Tuladha" sebagai ajaran dari Ki Hajar Dewantara. "Ing Madya Mangun Karso" sebagai pendidik kita harus bisa membangun kemauan atau ide-ide yang kreatif untuk kemajuan pendidikan. dan yang terakhir "Tut Wuri Handayani" yaitu seorang pendidik harus bisa memotivasi untuk rekan sejawat dan murid untuk berbuat baik agar tujuan Konstitusi negara kita yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud.  Akhirnya harapan penulis agar momen Hari Guru Nasional Tahun ini membawa keberkahan dan saling berbagi kebaikan untuk Pendidikan Indonesia seutuhnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun