Mohon tunggu...
Pakem Bersinar VI Jaya
Pakem Bersinar VI Jaya Mohon Tunggu... Lainnya - Bank Sampah

Bank Sampah Pakem Bersinar VI Jaya, Dusun Tegal Pasangan, Desa Pakiskembar, Kabupaten Malang.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Yuk Kenalan dengan Jenis Sampah!

3 Agustus 2021   06:40 Diperbarui: 3 Agustus 2021   08:02 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebenarnya ada berapa jenis sampah yang perlu kita ketahui?

Beberapa masyarakat pasti sudah paham dengan jenis -- jenis sampah yang sering mereka lihat. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang kurang paham sehingga masih membiasakan membuang sampah secara random menjadi satu.

Secara garis besar terdapat dua macam sampah yaitu Anorganik dan Organik, akan tetapi dalam pemilahannya terbagi menjadi empat dengan ditambah sampah Residu serta B3.

Sampah Padat (Anorganik)

Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan anorganik. Contoh bahan-bahan anorganik adalah bahan logam, plastik, kaca, karet, dan kaleng. Sifat sampah anorganik adalah tahan lama dan sukar membusuk.

Sampah ini tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme tanah. Apabila dibuang sembarangan, sampah anorganik dapat menimbulkan pencemaran tanah.

Sampah Basah (Organik)

Sampah organik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan organik. Sifat sampah organik adalah tidak tahan lama dan cepat membusuk. Biasanya sampah jenis ini berasal dari makhluk hidup. Contohnya adalah sayur-sayuran, buah-buah yang membusuk, sisa nasi, daun, dan sebagainya.

Sampah organik mudah diuraikan mikroorganisme tanah. Hanya saja jenis sampah akan menimbulkan bau kurang sedap jika tidak dikelola dengan baik.

Sampah Residu

Sampah ini terdiri dari puntung bungkus rokok yang sudah tidak terpakai, pembalut dan popok atau pampers.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan