Mohon tunggu...
A. Rifqi Amin
A. Rifqi Amin Mohon Tunggu... lainnya -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

A. Rifqi Amin Penulis buku "Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner" dan buku "Sistem Pembelajaran PAI pada Perguruan Tinggi Umum" Tentang aku dan buku karyaku semuanya ada di GOOGLE

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kontrak Pembelajaran Mata Kuliah IASBD

28 Agustus 2014   21:25 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:16 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar

Dosen Pengampu: A. Rifqi Amin

A.Pokok-pokok Pembahasan (Materi Pokok) Mata Kuliah IASBD

I.Identifikasi IASBD

A.Latar Belakang Adanya Kajian IASBD

B.Pengertian IASBD

C.Ruang Lingkup dan Objek Kajian IASBD

D.Peran Penting IASBD

II.Manusia dan Kosmologi

A.Pengertian Manusia (biologi, agama, dan Sosial/psikologi)

B.Posisi Manusia dalam Alam Semesta

C.Tugas Manusia Menjaga dan Mengembangkan Alam, Kehidupan Sosial, dan Budaya (peran)

D.Perbedaan Manusia dengan Hewan (perannya)

III.Filsafat Hidup

A.Makna Kehidupan

B.Tujuan Kehidupan (bukan sekedar tujuan hidup secara pribadi)

C.Pandangan Hidup

D.Kehidupan Ideal

IV.Pandangan Islam terhadap IASBD

A.Hubungan IASBD dengan Ajaran Islam

B.Manfaat Mempelajari IASBD bagi Iman

C.Gejala (fenomena) Alam, Sosial, dan Budaya Sebagai Ayat Kauniyah

V.Relevansi Ekonomi Syari’ah terhadap IASBD

A.Potensi Alam, Sosial, dan Budaya (di Kediri) dalam Konteks Implementasi Pendidikan Dasar Islam (Madrasah Ibtidaiyah/MI)

B.Manfaat Mengembangkan IASBD bagi Implementasi Implementasi Pendidikan dalam Islam

VI.Ilmiah

A.Pengertian Ilmiah

B.Ciri-ciri Ilmiah

C.Metode Ilmiah

D.Sikap Ilmiah

E.Sikap non-ilmiah: a. Dampak Negatif b. cara meminimalisir sikap non-ilmiah (segala sesuatu itu bisa diilmiahkan, hanya manusia sendiri yang masih lembah ilmunya) misal: manusia tidak akan mampu memahami apa itu roh, ilmu pengetahuan tidak mampu memahaminya kecuali hanya sedikit, itupun tidak menyentuh.

VII.Kebudayaan

A.Pengertian Budaya

B.Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Barat

C.Kebudayaan Primitif, Agraris, dan Industrial

D.Kajian Kritis tentang Kebuayaan Primitif, agraris, dan Industrial (mengkritisi) (setiap masa pasti meninggalkan sejarah kelam dan sejarah gemilang atau negatif/positif)

E.Peran Kebudayaan bagi Pendidikan Dasar Islam

VIII. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

A.Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

B.Manfaat IPTEK

C.Tantangan dan Peluang munculnya era Informasi

D.Peran ilmu pengetahuan teknologi (khususnya teknologi pendidikan) bagi Pendidikan Dasar Islam

IX.Menggunggah Empati (kemungkinan adalah tugas akhir yang harus dikerjakan dan dipresentasikan bersama-sama)

A.Konsep Empati: Pengertian Empati, Proses Munculnya Empati, dan Hakikat Empati.

B.Urgensi Empati: Menjadikan sebagai aspek Ibadah, Manfaat Empati bagi orang lain dan pribadi, dan keutaman empati bagi pelestarian Alam, sosial, serta budaya

C.Pembudayaan empati: Cara Menggugah Empati,  menggugah empati diri sendiri, dan menggugah empati orang lain.

D.Pendidikan Empati dalam Implementasi Pendidikan Dasar Islam (peran, potensi, manfaat): Empati dalam konteks ilmu pendidikan, empati dalam (menurut) kajian Islam, dan membangun empati anak usia Pendidikan Dasar.

X.

B.Pembagian Kelompok

Kel.

Nama

Tema

Waktu Presentasi

Penyeimbang

I

Khozin dan Asif

Identifikasi IASBD

4 September

Keompok VI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun