Mohon tunggu...
Muh. Ruslim Akbar
Muh. Ruslim Akbar Mohon Tunggu... Akuntan - Instagram @muhruslimakbar

Part time writer

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Masalah Psikologis Remaja yang Mengintai di Abad-21

8 April 2022   21:49 Diperbarui: 8 April 2022   22:06 1405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: goodminds.id


Penulis: Muh. Ruslim Akbar

Manusia diciptakan secara fisik (kepala, tubuh, tangan, dan kaki) dan juga metafisik (ruh, jiwa, akal, dan kalbu). Sehingga untuk mendapatkan hidup yang berkualitas, keseimbangan antara kesehatan keduanya perlu mendapat perhatian yang ekstra. 

Menyehatkan mental dan pikiran tidak semudah menyehatkan fisik kita. Bahkan, menyehatkan pikiran dan mental jauh lebih sulit karena sedang berhadapan dengan sesuatu yang tidak tampak, yakni pikiran kita. Dalam ajaran agama juga menggambarkan bahwa pikiran sangat berbahaya jika salah dalam mengelolanya karena merupakan asal muasal dari perbuatan baik maupun buruk seseorang.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menyehatkan pola berpikir dan mental kita, misalnya memahami bagaimana mindset (pola pikir) yang baik dan benar. Hal ini sangat penting dalam mengembangkan pola pikir kita dengan baik dan tidak terus menerus berada pada pola pemikiran yang salah. Pola pikir yang salah memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan kondisi mental seseorang. 

Masalah mental ini tidak hanya mengintai orang dewasa saja, perkembangan modernitas dan teknologi yang semakin pesat turut mendorong masalah mental mengintai pula bagi kalangan remaja

Berdasarkan laporan World Health Organization pada tahun 2017, mengemukakan bahwa terdapat 10--20% anak-anak dan remaja yang menderita gangguan kesehatan jiwa. Gangguan yang paling sering ditemukan pada kelompok tersebut adalah gangguan ansietas dan depresi, dengan prevalensi yang meningkat hingga 70% dalam 25 tahun terakhir.

Gaya hidup yang tidak terpenuhi, tuntutan media sosial, dan semakin beragamnya kebutuhan manusia di era modernitas, turut menciptakan berbagai masalah psikologis pada diri seseorang. 

Simak 5 masalah psikologis pada remaja yang kerap mengintai di abad-21.

1. Overthinking

Jika kamu pernah kesulitan tidur di malam hari karena masih memikirkan apakah tindakan yang kamu lakukan tadi siang mendapat penilaian baik atau malah buruk di mata orang lain, mungkin kamu sedang mengalami overthinking. Atau mungkin saat ini kamu sedang cemas memikirkan masa depanmu?.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun