Mohon tunggu...
Muh. Ruslim Akbar
Muh. Ruslim Akbar Mohon Tunggu... Akuntan - Akuntan

All the time working

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Hal-hal yang Membuat Adu Penalti Selalu Menarik

18 Juli 2021   14:09 Diperbarui: 19 Juli 2021   21:15 1437 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal-hal yang Membuat Adu Penalti Selalu Menarik
Kiper Italia Gianluigi Donnarumma (kanan) dan rekan setimnya berselebrasi setelah menjuarai Euro 2020 antara Italia vs Inggris di Stadion Wembley di London pada 12 Juli 2021 lewat adu penalti. (Foto: AFP/LAURENCE GRIFFITHS via kompas.com)

Ya, pertandingan Italia vs Spanyol merupakan salah satu pertandingan paling menarik di pentas EURO 2021. Pertandingan yang pada akhirnya harus ditentukan lewat drama adu tendangan penalti setelah keduanya hanya bermain seri 1-1 hingga babak ekstra time. 

Gol yang dicetak oleh Federico Chiesa (Italia) dan dibalas oleh Alvaro Morata (Spanyol) merupakan gol pembuka dan penutup di pertandingan itu selama 120 menit. 

Bagi para pecinta sepakbola di Indonesia, tentu saja babak adu penalti ini menambah durasi waktu begadang mereka. Begitupun dengan saya yang harus menahan kantuk untuk menyaksikan pertandingan besar ini. 

Kopi yang awalnya saya buat untuk membuat mata melek, malah membuat perut saya kembung. Tapi tak masalah, karena sejatinya walaupun saya tahu efeknya, menikmati sepakbola dengan segelas kopi membuat tubuh saya mengeluarkan zat serotonin (zat pemicu kebahagiaan). 

Kembali ke pertandingan Italia vs Spanyol yang saya harap tidak berlanjut ke babak adu penalti karena mata sudah berat ditambah mesti masuk kantor di pagi harinya. 

Tapi toh sebagai pecinta sepakbola, melewatkan adu penalti antara dua tim besar adalah kerugian yang paling disengaja. Terlebih rasa lelah saya terbayarkan oleh tendangan penutup yang super tenang dari pemain Italia, Jorginho. 

Terlepas dari pertandingan dua tim besar ini, ada hal-hal yang menarik yang bisa kita saksikan dari setiap drama adu “tos-tosan” ini. Berikut adalah hal yang membuat adu penalti itu selalu menarik untuk disaksikan.

1. Penendang Pertama

Penendang pertama itu selalu menarik untuk disaksikan, kenapa? Karena penendang pertama ini yang bisa saja menjadi pemain yang akan menentukan psikologis rekan setim dan pemain lawan. 

Jika gol, maka beban lawan sebagai penendang berikutnya akan semakin berat karena harus menyamakan kedudukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN