Mohon tunggu...
Bangkit Samodro Aji
Bangkit Samodro Aji Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Bahasa Jawa dari SMAN 1 Batang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Macromedia Flash Profesional 8 sebagai Media Penulisan Aksara Rekan untuk Peserta Didik Kelas XI MIPA C pada SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2021/2022

1 Desember 2022   08:12 Diperbarui: 11 Desember 2022   06:10 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas dan efektivitas media pada penulisan aksara Jawa khususnya aksara rekan yang dikembangkan dengan aplikasi Macromedia Flash Professional 8.

Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan melalui lima termin, yaitu (1) berupa analisis kurikulum serta analisis ciri peserta didik, (dua) tahap perancangan, (tiga) tahap pengembangan, (4) termin validasi dan  uji coba, dan  (lima) tahap akhir produk. Produk media pembelajaran diuji kelayakan oleh dosen pakar media serta dosen pakar materi. Setelah dilakukan revisi, maka dinyatakan media layak buat diujicobakan. Termin selanjutnya dilakukan penilaian oleh pengajar bahasa Jawa dan dilakukan uji coba terhadap tanggapan peserta didik. Uji coba tanggapan peserta didik dilakukan di peserta didik kelas XI MIPA C di SMA Negeri 1 Batang, Kabupaten Batang yang terdiri atas 36 peserta didik dan diakhiri dengan evaluasi untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal peserta didik terhadap materi yang terdapat pada media pembelajaran tersebut. Data yg diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif buat mengetahui kelayakan media interaktif aksara rekan untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas kelas XI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 

(1) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli media terdiri atas dua aspek, yaitu aspek tampilan dijabarkan dalam sepuluh indikator dan aspek pemrograman dijabarkan dalam sembilan indikator dengan hasil penilaian memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat baik, 

(2) penilaian kualitas media pembelajaran oleh dosen ahli materi terdiri atas sepuluh indikator penilaian memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat baik, 

(3) penilaian oleh guru bahasa Jawa terdiri atas dua aspek, yaitu aspek kesesuaian antara konsep dan kompetensi serta aspek kualitas tampilan memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 85% termasuk dalam kategori sangat baik, dan (4) hasil angket tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran aksara rekan terdiri atas empat aspek, yaitu aspek kemudahan dalam pemahaman, aspek kemandirian dalam belajar, aspek penyajian media, dan aspek kemudahan pengoperasian memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat setuju. Persentase ketuntasan peserta didik dalam mengerjakan soal evaluasi mencapai 87%, dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dalam memahami materi aksara rekan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun