Mohon tunggu...
Bangkit Ardiansyah
Bangkit Ardiansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Dhamma Writer, Speaker, Motivator

Red Lotus Foundation Lembaga sosial yang masih merintis. Belajar, konsultasi dan praktik Ajaran Buddha Wa: 083833386988 Line: Narukami.yu168 Ig: luxielle.paints

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Andai Saja Saya Tahu Ini Sedari Dulu, Penyesalan Selalu Datang di Akhir

31 Maret 2021   05:18 Diperbarui: 31 Maret 2021   05:21 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Pernahkah berfikir andaikan ada mesin waktu? Bisa kembali ke masalalu seperti alat ajaib doraemon. Memperbaiki masalah masalah kita di jaman dulu. Menarik kata kata kita yang telah menyakiti orang yang kita kasihi. Dan menggunakan waktu sebaik mungkin supaya tidak ada waktu yang sia sia. Ibarat setiap hari dikasih uang 240 ribu rupiah setiap hari. Di akhir hari uang itu hangus, digantikan lagi besok 240 ribu rupiah. Pastilah kita akan menggunakan uang itu hingga sebaik mungkin setiap hari. Namun mengapa kita tidak menggunakan 24 jam hidup kita setiap hari untuk hal yang lebih baik yang positif? Hati hatilah sahabatku. Apa yang dilakukan hari ini. Diri sendirilah yang akan membayar nya dikemudian hari. Ketika penyesalan itu terjadi, janganlah menyalahkan nasib, karena dari awal kita memang tidak menggunakan kesempatan dan waktu yang telah diberikan dengan baik. 

Setiap orang pasti mempunyai penyesalan tertentu dalam hidupnya. Tidak ada manusia yang selama hidup nya ini belum pernah melakukan kesalahan kesalahan baik itu sengaja atau tidak, disadari atau tidak disadari. 

Well guys. Pernah kah berfikir jika kita bisa bertemu diri sendiri 5 tahun yang lalu? Pastilah kita menasehati nya untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Dan kita diri sendiri jikalau ada 5 taun kita yang akan datang bertemu kita. Pastilah kita meminta nasehat agar masa depan menjadi lebih baik. Jika kalian bertemu kalian 5 taun yang lalu? Apa yang kalian akan bicarakan? (Boleh tulis di komentar)

Ini adalah hal yang ingin saya beritahu kepada saya yang dulu. Agar tidak menyesal dikemudian hari. Walau hal ini tidak bisa merubah masa yang saya  alami sekarang. Namun ini bisa menjadi inspirasi untuk pembaca, sahabat ku yang saya kasihi. Agar tidak menyesal dikemudian hari.

1. Bahagiakanlah orang tua.

Pasti banyak orang yang bilang seperti ini. Harus bersyukur punya orang tua. Kalau udah ga punya baru tau rasa dan nyesal waktu orang tua masih hidup tidak berbakti dan membuat orang tua bahagia. Sahabat yang saya kasihi. Kehilangan orang tua sangatlah menyakitkan lebih dari diputusi pacar, pasti nya begitu, namun saya tidak bisa mengambarkan betapa hancur nya hati saya ketika kehilangan orang tua, ibaratkan langit serasa runtuh. Runtuh secara mendadak, karena kesehatan orang tua menurun tanpa kita sadari. Andai saya saya lebih memperhatikan orang tua waktu itu. Hal ini tidak mungkin terjadi. Andai saja saya mendengarkan apa kaya orang lain waktu itu untuk cepat cepat membahagiakan orang tua saya. Berbakti dan menjadi anak yang membanggakan orang tua. Semoga sahabatku disini masih punya kesempatan yang saya lewatkan. Karena waktu terus berputar. Jangan lah membuat diri mu 5 tahun lagi menyesal akan hal ini.

2. Sekolah dengan giat, mempelajari skill untuk bekal masa depan

Siapa yang semasa sekolah sd ingin buru buru smp, smp ingin sma, sma ingin kuliah, dan kuliah ingin kerja, kerja ingin menikah, menikah ingin punya anak. Ternyata benar apa kata orang, masa sekolah adalah masa yang paling indah, mdngapa tidak bersyukur waktu sekolah tidak menyadari betapa berharga nya masa masa itu. Dimana kita masih bisa bertemu dengan teman kelas. Dimana kita masih bisa belajar dengan giat. Dimana masalah terbesar kita hanyalah tugas yang menumpuk bukan tagihan yang menumpuk. Andai bisa kembali ke masa lalu pastilah diri ku menasehati diriku yang dulu. Belajar lah yang benar, setidak nya akutansi atau skill apa lain nya supaya tidak susah masuk kerja karena punya skill. Jangan buang waktu. Please saya mohon. Karena saya yang akan susah nantinya. So semoga masih ada pembaca yang masih kuliah atau sekolah membaca ini. Karena dunia kerja tidak seindah sekolah dan perkuliahan. Jalani dan manfaatkan waktu untuk belajar dengan benar agar tidak susah dikemudian hari.

3. Menjaga kesehatan dengan baik

Terkadang kita tidak bisa menghargai badan kita ketika masih sehat. Barulah kita menghargai badan ini ketika sakit. Ketika sakit barulah menjaga pola hidup sehat, menjaga stamina agar fit. Terkadang kita mengabaikan nasehat orang lain dan menyepelekan nya karena kita menganggap kita masih muda, kita pasti kuat dan sehat. Well ternyata tidak semudah itu sahabat. Tubuh ini perlu di jaga, tubuh ini bukanlah robot yang bisa terus bekerja. Robot pun butuh istirahat mendinginkan mesin. Apalagi badan ini yang rentan sekali dengan sakit dan penyakit. Jagalah badan ini jangan sampai menyesal dikemudian hari karena ulah kita yang merusak badan ini.

Oke sahabat ku yang saya kasihi. Untuk kesempatan kali ini, 3 poin ini yang bisa saya bagikan. Semoga pesan yang saya maksud sampai, dan bisa menjadi renungan dan masukan untuk kita ke depan nya agar tidak menyesal nantinya. .

Jika ada yang ingin ditanyakan atau butuh private konseling, motivasi dan saran bisa hubungi saya. 

Semoga bermanfaat..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun