Mohon tunggu...
Bangkit PermataAji
Bangkit PermataAji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Agribisnis Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Tradisi

Kembalinya Suasana Khas Idul Fitri di Kota Tasikmalaya

11 Mei 2022   21:17 Diperbarui: 11 Mei 2022   21:20 220 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemudik yang Tiba di Stasiun Tasikmalaya. dokpri

Setelah 2 tahun Hari Raya Idul Fitri di Kota Tasikmalaya kehilangan tradisinya, akhirnya pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini masyrakat Kota Tasikmalaya melakukan kembali tradisi yang biasa mereka lakukan ketika lebaran yaitu melakukan mudik dan sholat ied berjamaah. Berdasarkan pengamatan intensitas masyarakat yang melakukan mudik menuju Kota Tasikmalaya sangat tinggi. Intensitas mudik menggunakan layanan kereta api di Tasikmalaya pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 cukup tinggi. Hal ini terlihat dari tingginya angka penumpang yang turun di Stasiun Tasikmalaya. Jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Tasikmalaya pada hari pertama lebaran mencapai 1.000 pemudik dimana pemudik tersebut berasal dari arah barat (Bandung, Bekasi dan DKI Jakarta) dan dari arah timur (DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur). Tingginya angka pemudik yang tiba di Tasikmalaya disebabkan karena dalam 2 lebaran sebelumnya yaitu Idul Fitrri tahun 2020 dan 2021 pemerintah tidak mengijinkan masyarakat untuk mudik dalam rangka mencegah menaiknya kasus Covid-19. Oleh karena itu pada tahun ini pemudik seperti melepas dahaga sehingga mereka berbondong-bondong untuk pulang menuju kampung halaman mereka di Tasikmalaya untuk berjumpa dan berkumpul bersama sanak keluarga.

"Ya untuk hari ini total penumpang yang turun di sini totalnya mencapai 1.000 pemudik" terang Kepala Stasiun Tasikmalaya, Muhammad Badurs pada Senin (02/05/2022).

Badrus menerangkan jika diprediksi jumlah pemudik yang turun di Stasiun Tasikmalaya akan terus meningkat hingga H+2 lebaran, sedangkan untuk arus mudik atau arus balik akan terjadi pada tanggal 7-8 Mei 2022. Adapun setelah tanggal tersebut jumlah penumpang baik yang turun atau naik dari Stasiun Tasikmalaya akan kembali normal seperti hari-hari biasa.

Tradisi lainnya yang sangat dirindukan terutama oleh masyarakat Kota Tasikmalaya adalah melakukan sholat ied berjamaah. Setelah pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan sholat idul fitri secara berjamaah di masjid maupun di lapangan. Semarak dan antusias yang relatif tinggi dari masyarakat pun terlihat diberbagai daerah.

Sholat Ied Berjamaan di Lapangan Nusalaksana. dokpri
Sholat Ied Berjamaan di Lapangan Nusalaksana. dokpri

Setelah dua tahun tidak menggelar sholat idul fitri di lapangan terbuka, kini Lapangan Nusalaksana kembali menggelar sholat idul fitri 1443 H, tepatnya pada Senin, 2 Mei 2022. Intensitas jamaah yang mengikuti sholat ied di Tasikmalaya khususnya di Lapangan Nusalaksana relatif tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya pemudik yang pulang ke kampung halaman dan membludaknya jamaah sholat ied.

"Saya selaku Lurah Kelurahan Leuwiliang Mengucapkan selamat idul fitri 1443 H, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Alhamdulillah sholat ied telah berjalan lancar dengan jemaah yang membludak. Dalam pelaksanaannya, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik", kata Rahmat Koeswara Sutisna selaku Lurah Kelurahan Leuwiliang.

Dengan digelarnya kembali sholat ied secara berjamaah, diharapkan dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT dan mempererat tali silaturahmi satu dengan yang lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan