Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menerapkan ASI Ekslusif untuk Generasi Emas

6 Oktober 2022   21:10 Diperbarui: 6 Oktober 2022   21:20 115 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi karena mengandung banyak nutrisi untuk tumbuh kembang anak. Tetapi untuk ibu muda yang baru pertama kali sering mengalami kesulitan untuk menyusui anaknya. 

Hal ini bisa dimaklumi karena pengalaman pertama masih kagok dalam menyusui baik posisi bayi maupun jumlah air susunya. Untuk ibu muda biasanya mempunyai persoalan puting belum keluar begitu juga air susunya. Sehingga dibutuhkan metode 3S yaitu Sadar, Sabar dan Selese. 

Beruntung untuk ibu muda yang masih memiliki orang tua, sehingga ada yang membimbing dari semasa hamil sampai melahirkan. Biasanya orang tua memberikan ramuan beras kencur untuk memproduksi air susu ibu. 

Pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan sangat dianjurkan untuk tumbuh kembang sibuah hati. Pemberian ASI ekslusif tanpa diselingi pemberian susu formula ( Sufor) atau makanan lainnya agar anak-anak kebal terhadap segala penyakit dan tidak kelet perutnya ketika besar nanti. 

Dibutuhkan kesadaran dan kesabaran untuk menerapkan ASI ekslusif selama 6 bulan. Banyak faktor yang akan mempengaruhi lancar atau tidak program tersebut. 

Faktor orang tua yang merasa kasihan kalau cucunya hanya diberikan ASI. Sehingga terkadang terjadi perdebatan mengenai hal ini yang saling beradu argumen. Begitu juga kita sendiri yang terkadang ingin memberikan asupan lain selain ASI. 

Pengetahuan ibu tentang bayi harus sudah diketahui bagaimana bayi lapar, kapan menyusui, tidur, cara menyusui yang baik dan yang lainnya. Begitu juga harus berhati-hati dan mengetahui komposisi makanan yang dikonsumsi apakah berpengaruh pada kesehatan bayi. 

Tentunya kita tidak boleh makan makanan yang pedas dan yang menimbulkan alergi pada bayi. Dan kita juga harus mengkonsumsi makan makanan yang bisa menambah produksi ASI. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan