Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kereta Api Moda Transportasi Favorit Masa Kini

28 September 2022   20:37 Diperbarui: 28 September 2022   20:41 103 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kereta api sekarang menjadi moda transportasi favorit di masa kini. Ketepatan waktu menjadi salah satu point penting kita memilih moda transportasi ini. Kenyamanan, ketertiban, kebersihan menjadi pilihan selanjutnya. Dengan menggunakan jasa kereta api kita bisa memanage waktu dalam satu perjalanan. Kendali waktu ada ditangan kita, mau berangkat jam berapa, pulang jam berapa kita sendiri yang mengendalikan. Disamping itu berbagai jenis kereta bisa kita gunakan untuk rute yang sama. 

Kondisi sekarang tentu berbeda dengan kondisi tahun 80-an atau 90-an, dimana kita enggan menggunakan jasa kereta api kalau tidak sangat terpaksa. Kereta api di zaman dahulu jauh dari kata nyaman. Jangan berharap ketika naik kereta api mendapatkan tempat duduk. Dalam satu gerbong bertumpuk-tumpuk penumpang, di selasar gerbong, tempat duduk tidak sesuai kapasitas peruntukan bahkan sampai diatas gerbong. 

Kondisi ini diperparah dengan pedagang asongan dan copet yang berkeliaran. Belum lagi bagasi barang yang overload sehingga sering tertukar barang antara penumpang. Pernah dalam satu perjalanan dari Ketanggungan- Klaten berdiri, begitu turun di stasiun ternyata barangnya tertukar. Sehingga kalau kita mau turun harus sudah siap-siap turun dari jauh kalau tidak mau terlambat turun. 

PT. KAI sudah meregulasi pelayanan dengan berbagai inovasi termasuk pembelian tiket. Pembelian tiket bisa dilakukan dimana-mana dengan berbagai kemudahan. Apalagi sekarang akan segera beroperasi kereta super cepat Jakarta - Bandung makin mendekatkan jarak antar kota. Tetapi mungkin yang perlu diperhatikan untuk tiket kereta jarak pendek dan menengah diterapkan tiket jauh. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan