Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Di Rest Area 260 B Banjaratma, Ada Pusat Batik Brebesan

20 September 2022   21:48 Diperbarui: 20 September 2022   21:52 88 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rest area 260 B Banjaratma kini semakin lengkap isinya. Selain dikenal sebagai pusat umkm, kini terdapat sentra batik Brebesan sebagai sarana untuk menampung potensi lokal batik Brebesan seperti Batik Salem, Batik Mangrove, Batik Ecoprint dan Batik Bangsin. Berbagai ragam dan corak batik khas Brebes terpajang di beberapa gerai bercampur dengan batik nusantara. Tentu saja sangat membanggakan bagi pengrajin batik lokal diberi sarana untuk berpromosi dan berjualan. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Rasanya sungguh tepat Rest Area 260 B dijuluki sebagai etalase Brebes. Berbagai potensi lokal Brebes tersedia disini dari telor asin, bawang merah sampai batik. Sehingga bisa dijadikan sebagai pusat oleh-oleh untuk pengunjung. Setiap pengunjung yang singgah kesini bukan hanya untuk sekedar makan, tetapi juga belanja untuk keperluan oleh-oleh. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dengan diberikan fasilitas oleh pengelola rest area merupakan suatu kemajuan untuk pengrajin batik. Selama ini pengrajin batik ada kendala di pemasaran hanya terbatas di wilayahnya sendiri atau online. Tetapi dengan adanya sentra batik di rest area peluang pemasaran semakin terbuka lebar. Sehingga terjadi kenaikan omzet dan memperluas pemasaran. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan