Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Larung Saji Pengaradan 2022 Terheboh dalam 10 Tahun Terakhir

14 September 2022   21:56 Diperbarui: 14 September 2022   22:11 37 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Larung Saji Sedekah Laut Pengaradan, Brebes Tahun 2022 terheboh dalam 10 tahun terakhir. Kemeriahan dimulai dari hari Selasa tanggal 13 September 2022 dengan hiburan Burok. Suguhan Seni Burok yang diarak dari pagi sampai sore menarik perhatian masyarakat. Saweran yang diterima juga berlimpah hasil arak-arakan keliling kampung. Malam harinya ditampilkan wayang kulit semalam suntuk. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Larung saji yang dilepas Kadis Perikanan Moh. Zuhdan Fanani, SH mewakili bupati Brebes. Puluhan kapal besar dan kecil mengantar sesaji ke laut yang berjarak 4 kilometer. Dentuman musik dari perahu yang lalu lalang makin menambah semarak. Perahu yang dipasang berbagai umbul-umbul dan hiasan yang terbuat dari minuman, jajanan dan buah-buahan. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Setelah larung saji hiburan lagi yang diisi marsose atau sandiwara. Hiburan seni tradisional menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Sehingga daya tampung melebihi kapasitas. Keramaian dan banyaknya hiburan menandakan kemakmuran masyarakat nelayannya. Semua anggaran untuk kegiatan larung saji sedekah laut hasil swadaya masyarakat. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan