Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pasar Malam Petikan sebagai Pesta Rakyat Musim Giling

17 Juli 2022   21:55 Diperbarui: 17 Juli 2022   22:19 86 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Metikan atau Bancakan adalah pasar malam yang diadakan menjelang giling tebu. Sehingga ada yang menyebutnya Pesta Giling. Pasar malam ini diadakan sebagai hiburan pekerja pabrik gula agar tidak jenuh dalam menyambut pesta giling. 

Disamping itu juga untuk memenuhi kebutuhan pokok, sandang dan pangan. Pasar malam yang diadakan satu bulan penuh menyediakan kebutuhan pokok dan juga aneka hiburan. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Di zaman sekarang pasca ditutupnya pabrik gula, berubah pula fungsi pasar malam. Petikan atau Bancakan mengikuti perkembangan zaman menjadi Pasar Malam Bazar Kuliner. 

Penanganan yang lebih profesional dengan bekerjasama vendor-vendor yang berkompeten. Mulai dari kuliner, fashion, aksesoris sampai produk-produk umkm untuk  mengisi stand.  Penataan stand yang mengedepankan estetika untuk menampung ekspresi anak muda. Sehingga sangat instagramable untuk berfoto. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Disamping masih mempertahankan unsur permainan dan hiburan tempo doeloe seperti Komidi Putar, Ombak Banyu, Tong Setan juga diisi permainan masa kini. 

Kuliner menjadi skala prioritas untuk daya tarik pengunjung. Berbagai stand kuliner dengan berbagai rasa dan variant selalu ramai dipadati pengunjung. Disamping itu untuk menarik perhatian pengunjung diadakan event tiap malam seperti karaoke, kontes bintang, fashion show, aerobik dan lain sebagainya. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan