Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Local Guide Sebuah Potensi Untuk Mempromosikan Dan Memasarkan Daerah

24 Januari 2022   18:55 Diperbarui: 24 Januari 2022   18:56 128 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemandu wisata menjadi ujung tombak dalam mempromosikan dan memasarkan pariwisata. Lewat keahlian yang dimiliki mulai dari product knowledge, Story telling, fungsi game dan keahlian lainnya membuat wisatawan terkesan dengan daerah yang dikunjungi.

Ada beberapa macam pemandu wisata mulai dari ekowisata sampai overland. Kebanyakan pemandu lebih menyukai sebagai pemandu overland dibandingkan pemandu ekowisata atau local guide.

Hal ini bisa dimaklumi karena overland menjelajah lintas provinsi atau pulau. Sedangkan local guide hanya fokus pada satu destinasi atau wilayah Kabupaten. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Local guide menjadi ujung tombak promosi dan pemasaran pariwisata disatu daerah. Ditangan local guide semua informasi tentang potensi daerah tersebut sudah dikuasai.

Sehingga wisawatan mendapatkan informasi bukan hanya pariwisata saja, tetapi juga informasi senin dan budaya, kerajinan, adat istiadat, alam, hasil bumi, bahasa dan masih banyak lagi. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Peranannya yang sangat vital dalam mempromosikan potensi daerah tentunya sudah dibekali berbagai macam ilmu pengetahuan. Menjadi local guide juga profesi yang menjanjikan. Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan:

1. Lokasi masih di wilayah sendiri sehingga masih terjangkau jarak dan waktunya;

2. Waktu tidak terlalu panjang sehingga bisa menjalankan aktivitas lain setelah menyelesaikan tugas;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan