Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pertamina PHE-ONWJ Ajak Forbal Studi Banding Ke Mangrove Pandansari Brebes

23 Januari 2022   19:15 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:20 209 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Untuk kali kedua Pertamina PHE-ONWJ mengajak masyarakat binaannya untuk study banding di KM-PHP Mangrove Pandansari. Kali ini bersama Forum Rembug Balongan (FORBAL). Forum masyarakat yang bergerak di kegiatan sosial berkunjung ke Mangrove Pandansari untuk belajar management kelompok, pemberdayaan masyarakat pesisir, sinergitas antar lembaga dan study lapangan usaha perikanan masyarakat. Kunjungan tersebut didampingi sekdes Balongan Gunawan dan Sekretaris Kecamatan Balongan Encep Setiadi. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dalam kesempatan tersebut Encep Setiadi mengatakan untuk mempergunakan sebaik-baiknya kesempurnaan berkunjung ke Mangrove Pandansari. Forbal sebagai organisasi kemasyarakatan sudah mempunyai dukungan dari pemerintah desa, kecamatan dan Pertamina. Forbal diibaratkan rumah besar yang belum memiliki IMB dan kamar. IMB adalah legalitas sebagai persyaratan organisasi untuk persyaratan dalam menerima program. Dan kamar diumpamakan sebagai sub-sub usaha seperti pariwisata, umkm, sewa perahu dan lain sebagainya. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Selain materi yang berkaitan dengan hal diatas juga diadakan kunjungan lapangan di budidaya kepiting soka dan bioflok Nila Sati. Mereka sangat terinspirasi dengan usaha yang dikelola kelompok masyarakat Pandansari untuk diterapkan di Balongan. Kondisi alam yang berbeda, berbeda pula dalam penanganan sehingga harus dicari alternatif dalam penanganan pesisir. Namun usaha bioflok dan kepiting soka. Begitu juga usaha yang dilakukan pembuatan APO atau alat pemecah ombak bisa menjadikan usaha sampingan di bidang pariwisata dengan pembuatan tracking dan budidaya kerang hijau. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Dengan semua dukungan yang dimiliki dan hasil study banding mereka bisa mengambil ATM atau Amati Tiru dan Modifikasi. Semua potensi yang ada disini mereka bisa memilah dan memilih untuk diterapkan yang sesuai di Balongan. Sumarto selaku ketua FORBAL mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang luar biasa disini. Dan sepulang dari sini akan melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan usaha untuk memajukan desanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan