Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Adu Domba Atraksi Menarik dari Deswita Saung Ciburial, Garut

2 November 2021   21:17 Diperbarui: 2 November 2021   21:21 163 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Atraksi seni dan budaya selalu menarik perhatian pengunjung, disitu kita jadi tahu tradisi atau adat istiadat di daerah tersebut. Selain seni dan budaya ada lagi atraksi yang dilakukan oleh hewan peliharaan sebagai sajian atraksi desa wisata seperti "Adu Domba" di desa wisata Saung Ciburial Garut. Jangan berfikir negatif dulu yah, adu domba disini bukan memfitnah tetapi benar-benar adu domba Garut yang punya ciri khas unik berbeda dengan domba biasa. 

Atraksi Adu Domba  Garut sangat diminati wisatawan. Ada yang menarik dari atraksi ini, bukan sekedar adu domba saja tetapi ada edukasi dan pengetahuan yang selama ini kita tidak tahu. Banyak yang tidak tahu tentang perawatan Domba Garut ternyata berbeda dengan domba biasa. Selain rumput ternyata domba juga butuh nutrisi lain, susu, ampas tahu dan yang lainnya. Selain makanan juga refresing dan olahraga. Setiap minggu domba-domba tersebut diajak berenang dan olahraga. Tujuannya selain untuk kesehatan dan ketahanan tubuh biar tidak gampang sakit dan juga diajari ketangkasan untuk bahan ketika diadu. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Penataan kandang dan sirkulasi udara juga sanggat penting untuk perkembangan domba. Ketika semua proses dilakukan domba siap diadu. Selain bobot yang menentukan kriteria bulu dan tanduk juga menentukan. Domba diadu masing-masing punya joki yang memelihara dan melatih. Ketika domba yang diadu jadi pemenangnya bukan hanya menaikan prestise domba saja, tetapi juga pemilik dan harga. Bayangkan, harga domba yang pernah meraih predikat juara harga mencapai ratusan juta Rupiah. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan