Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Jangan Buang Ampas Kelapa, Banyak Manfaatnya Loh

28 September 2021   21:51 Diperbarui: 29 September 2021   11:26 139 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Buang Ampas Kelapa, Banyak Manfaatnya Loh
Sumber: Cyber Pertanian

Jangan buang ampas perasan kelapa sisa masak untuk keluarga. Apalagi jika masak untuk usaha atau hajatan pasti lebih banyak lagi. Biasanya ampas kelapa langsung dibuang sebagaimana layaknya sampah. Tapi tahu nggak sih kalau ampas kelapa banyak sekali manfaatnya untuk berbagai keperluan. 

Sumber: IDN Times
Sumber: IDN Times
1. Membersihkan lantai. 

Manfaat dari ampas kelapa yang pertama banyak digunakan untuk membersihkan ubin atau keramik. Sebelum beredar pembersih lantai kemasan yang banyak dijual ditoko-toko masyarakat banyak menggunakan ampas kelapa. Hasilnya keramik menjadi bersih, mengkilat dan menjadi awet. 

Dok. Literasi news              
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Dok. Literasi news googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});

2. Manfaat untuk tanaman.

Ternyata ampas kelapa juga baik dipergunakan sebagai pupuk untuk tanaman bunga dan sayuran.  Ampas kelapa sebagai pupuk organik berfungsi untuk  menyuburkan sayuran dan buah-buahan karena didalamnya mengandung protein kasar dan lemak kasa yang ampuh untuk menyuburkan dan melebatkan bunga.

Dok. Ternak entok.
Dok. Ternak entok.

3. Manfaat untuk pakan ternak. 

Manfaat lain dari ampas kelapa bisa dipergunakan untuk pakan ternak seperti kambing, unggas, bebek, ayam dan juga lele. Pemanfaatan ampas kelapa untuk pakan ternak dengan cara menggunakan sistem fermentasi. Dengan proses fermentasi  memungkinkan terjadi reaksinya dimana senyawa komplek diubah menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim dari mikroorganisme.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan